spot_img
Selasa 3 Agustus 2021
spot_img
spot_img

3 Penyebab dan Cara Atasi Perut Kembung Pada Bayi

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Perut kembung tidak hanya bisa dialami oleh orang dewasa saja, bayi juga bisa mengalaminya. Kondisi ini membuat bayi merasa tidak nyaman, tak jarang membuatnya rewel. Walaupun bagi orang dewasa bukan hal besar, tapi bagi si kecil akan terasa sangat menyakitkan. Namun Bunda jangan khawatir, anda bisa mengatasi perut kembung pada bayi berikut.

Mengenal Perut Kembung Yang Terjadi Pada Bayi

1. Tanda Bayi Kembung

Untuk bisa mengetahui apakah bayi mengalami perut kembung, anda bisa melihat beberapa tandanya. Bayi yang memiliki kembung umumnya akan ditandai dengan bayi yang sering menggeliat. Hal ini terjadi karena bayi sedang berusaha untuk mendapatkan kenyamanan. Selain itu juga ada tanda lainnya yang bisa terlihat, mulai dari bersendawa juga membuang gas.

BACA JUGA: Ini Loh 8 Manfaat Jawer Kotok untuk Kesehatan

Anda bisa mengecek bagian perutnya, terkadang beberapa bayi akan memiliki perut yang keras. Perut bayi yang mengalami kembung tidak terlalu menunjukkan kondisi serius. Mengingat semua orang memiliki gas di dalam perutnya. Hanya saja, bayi akan kesulitan untuk mengeluarkan gasnya, sehingga bayi membutuhkan bantuan.

2. Penyebab Terjadi Kembung pada Bayi

Jangan Panik Berikut Penyebab dan Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi

Ada beberapa penyebab perut kembung pada bayi yang bisa dicermati. Yang pertama adalah makanan, biasanya terjadi pada bayi yang masih belajar untuk mengkonsumsi makanan padat. Karena pada saat itu, makanan dianggap sebagai benda asing di dalam perut sehingga terjadi kembung. Apalagi pencernaan bayi masih akan terus bertumbuh.

Tidak hanya makanan yang langsung dikonsumsi bayi, ibu menyusui juga dipercaya menjadi penyebabnya. Wanita menyusui yang mengkonsumsi makanan mengandung gas akan memicu perut bayi mengalami kembung. Padahal hal tersebut tidaklah benar, bisa saja si kecil kembung merupakan salah satu tanda jika bayi termasuk sensitif pada makanan.

Bukan hanya makanan, penyebabnya juga bisa terjadi karena menelan udara ketika menyusui, menangis berlebih, hingga adanya masalah pencernaan pada tubuh si kecil. Pada bayi, organ pencernaan ada yang belum matang. Bayi masih dalam proses belajar untuk mencerna makanan, sehingga lebih banyak gas di dalam tubuhnya dibanding orang dewasa.

3. Cara Mengatasi Bayi Kembung

Jika perut kembung pada bayi terjadi, langkah pertama yang harus dilakukan adalah tidak panik. Anda harus segera memeriksakan kondisi jika perut kembung juga disertai beberapa hal. Seperti diare, adanya ruam pada kulit hingga adanya darah pada feses. Berat badan tidak juga meningkat juga harus anda perhatikan dan sebaiknya segera konsultasi dengan dokter.

Tapi jika tidak disertai dengan gejala apapun, anda tak perlu panik. Memang perut kembung yang terjadi pada bayi bukanlah hal yang serius. Tetapi tidak salah jika anda melakukan beberapa cara untuk membantu bayi. Cara yang bisa anda lakukan adalah membuat bayi bersendawa. Setelah menyusui atau selama menyusui bayi perlu untuk bersendawa.

Ketika memberikan asi atau susu, pastikan untuk menjaga agar kepala si kecil lebih tinggi dibandingkan perut. Posisi ini akan membuat bayi lebih mudah untuk bersenyawa. Anda bisa menggunakan bantal menyusui untuk menjaga kepala. anda juga bisa memberikan pijatan lembut pada perut sebagai cara untuk mengatasi perut kembung pada bayi.

Selain beberapa cara di atas, anda juga bisa membiarkan bayi dalam posisi tengkurap. Hal ini akan memberikan tekanan pada perut si bayi dan membantu untuk mengeluarkan gasnya. Ketika bayi rewel ada baiknya Ibu tidak langsung panik dan cari terlebih dahulu penyebabnya. Jika memang ada gejala lain jangan ragu untuk memeriksakan atau berkonsultasi dengan ahlinya.

(Antik Asmara)

Artikel Lainnya

spot_img