spot_img
Jumat 29 Maret 2024
spot_img
More

    6 Cara Atasi Anemia yang Wajib Anda Tahu

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Anemia adalah salah satu kondisi dimana tubuh kekurangan sel darah merah atau hemoglobin. Biasanya seseorang yang mengalaminya akan memiliki gejala yakni sering merasa sakit kepala dan mudah lelah.

    Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Berikut ini simak ulasan selengkapnya:

    Tips yang Bisa Anda Lakukan:

    1. Meningkatkan Asupan Vitamin C

    Tidak hanya mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi saja, penderita wajib memenuhi kebutuhan vitamin lainnya. Sebut saja seperti vitamin C yang memang dibutuhkan oleh tubuh. Perlu anda ketahui bahwa kandungan vitamin C yang terdapat pada buah nanas, jeruk dan lain sebagainya sangat diperlukan tubuh tak terkecuali pengidap anemia.

    BACA JUGA: Ini Loh 5 Penyebab Batuk Berdahak

    Hal ini dikarenakan makanan yang mengandung vitamin C tersebut akan membantu untuk memaksimalkan penyerapan akan zat besi yang terjadi di dalam tubuh. Sehingga, bagi anda yang menderita anemia, ada baiknya anda juga memperbanyak mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan vitamin C.

    2. Pastikan Sarapan Setiap Pagi

    Cara atasi anemia selanjutnya adalah dengan memastikan untuk sarapan setiap pagi. Hal ini dikarenakan salah satu ciri ciri dari penderita anemia adalah mudah sekali merasa lelah. Dengan begitu, tubuh pun akan menjadi lemas dan gampang untuk drop. Sehingga, sarapan memiliki peranan yang sangat penting untuk memulai hari.

    Sebab, dengan sarapan setiap pagi akan memberikan energi di dalam tubuh untuk memulai aktivitas setiap hari. Sehingga, anda pun tidak boleh untuk melewatkan sarapan setiap harinya. Dengan mengosumsi makan pagi secara rutin dan cukup, kebutuhan akan energi pun akan terpenuhi.

    3. Banyak Konsumsi Air Putih

    Hal lain yang tidak boleh dilewatkan oleh penderita anemia adalah memperbanyak konsumsi air putih. Sebab, secara tidak langsung air putih akan membantu penderita anemia memiliki tubuh yang lebih sehat dan juga segar. Oleh sebab itu, sebaiknya anda mengonsumsi air putih dengan cukup setiap harinya.

    4. Minum Suplemen Penambah Darah

    Selain Perbanyak Konsumsi Zat Besi, Berikut 6 Cara Atasi Anemia yang Wajib Anda Tahu

    Dengan mengonsumsi suplemen penambah darah juga menjadi salah satu cara atasi anemia. Hal ini dikarenakan dengan mengonsumsi pil atau suplemen tersebut menjadi cara cepat dan mudah dilakukan untuk menambah sel darah merah di dalam tubuh. Ditambah lagi, anda pun bisa dengan gampang untuk mendapatkannya di apotik terdekat.

    5. Makan Makanan yang Mengandung Zat Besi

    Salah satu cara alami yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan jumlah sel darah merah di dalam tubuh adalah dengan menogonsumsi makanan yang mengandung zat besi. Ada banyak makanan yang memiliki kandungan zat besi di dalamnya. Diantaranya seperti kacang kacangan, daging merah, sayuran hijau dan juga hati ayam.

    6. Memiliki Waktu Tidur yang Cukup

    Tidak hanya mengonsumsi pil atau makanan yang menambah darah, memiliki waktu istirahat yang cukup juga menjadi salah satu cara atasi anemia. Hal ini disebabkan kebiasaan sering begadang akan membuat tubuh semakin lemas. Untuk itu, sebagai penderita anemia anda harus memperhatikan dengan benar waktu tidur yang anda miliki agar tubuh tetap bertenaga.

    Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi anemia. Cara cara tersebut bisa langsung anda praktekkan dan terapkan setiap harinya. Sebab, dengan memiliki pola hidup yang sehat, tentunya akan membuat tubuh menjadi lebih bertenaga. Hal yang terpenting bagi penderita anemia, pastikan kebutuhan akan zat besi di dalam tubuh tetap tercukupi setiap harinya agar tubuh memiliki tenaga dan stamina untuk jalani aktivitas.

    (Antik Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img