spot_img
Jumat 19 April 2024
spot_img
More

    Kue Tolpit Khas Bantul Bercitarasa Lezat, Berikut Asal Usul Penamaannya

    BANTUL,FOKUSJabar.id: Jajanan pasar khas Bantul kue adrem atau lebih familiar dengan sebutan kue “kontol kejepit” sangat digemari oleh masyarakat walaupun namanya terkesan agak jorok tetapi soal cita rasa tidak bisa diragukan lagi.

    Tak hanya di Bantul, makanan ini juga sangat digemari dan dicari oleh sebagian orang di luar Bantul karena cita rasanya yang begitu lezat.

    Dinamakan tolpit alias kontol kejepit karena pada saat proses pembuatan kue tersebut menggunakan teknik penjepitan dan bentuknya agak menyerupai jenis kelamin pria.

    BACA JUGA: Bocah SD di Bantul Tewas Setelah Konsumsi sate Beracun, berikut Ini Jenis Racunnya

    Seperti apa sih proses pembuatan dan kenapa dinamakan kue tolpit? Melansir dari berbagai sumber, Berikut ini keterangan lengkap mengenai kue tolpit khas Bantul tersebut.

    – Proses Pembuatan Kue Tolpit

    Membuat kue yang satu ini terbilang cukup gampang, cukup menyiapkan tepung beras dan gula jawa dan jangan lupa siapkan penjepitan agar kue nya terbentuk dengan sempurna.

    – Bahan Yang Dibutuhkan Membuat Kue Tolpit

    Seperti dijelaskan diatas bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue tolpit alias kontol kejepit tersebut yakni tepung beras dan juga gula jawa disisi lain tentunya membutuhkan juga alat penggorengan seperti wajan dan juga sumpit.

    – Kenapa dinamakan Tolpit

    Nama tolpit alias kontol kejepit tersebut digunakan karena pada saat proses pembuatannya menggunakan sumpit dan juga bentuk kue nya menyerupai kelamin dari laki-laki.

    Selain itu penamaan tolpit juga diambil karena pada zaman dahulu orang Jawa suka menggunakan istilah bentuk untuk mendeskripsikan suatu benda nama asli dari kue tersebut yakni kue adrem yang teksturnya lembut dan rasanya manis.

    (Fauza/Erwin)

    Berita Terbaru

    spot_img