spot_img
Sabtu 4 Mei 2024
spot_img
More

    Hari Pancasila, Oded Khawatirkan Kalangan Muda

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Wali Kota Bandung Oded M Danial mengaku khawatir nilai-nilai Pancasila di kalangan anak muda mulai luntur. Hal itu terlihat rendahnya antusias kalangan muda menyemarakan hari lahirnya Pancasila yang diperingati setiap 1 Juni. 

    “Dibandingkan saat saya masih kecil, kita sangat semangat menonton upacara peringatan hari Kelahiran Pancasila 1 Juni di lapangan. Sekarang sudah tidak terlihat. Tapi kita harapkan ini bukan ancaman semakin jauhnya kita dari nilai-nilai Pancasila,” kata Oded di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalem Kaum, Jabar, Selasa (1/6/2021).

    Dia pun miris melihat tayangan di media sosial yang memperlihatkan seorang warga tidak hafa; urutan Sila Pancasila. Dirinya berharap hal itu hanya kekhawatiran pribadi saja sebagai orangtua. 

    “Jangan sampai mereka kebablasan. Masa urutan Pancasila tidak tahu,” kata dia. 

    Menurut dia, nilai-nilai Pancasila harus terus ditanamkan kepada segenap bangsa, terlebih kalangan muda. Dengan begitu Pancasila bisa terus terjaga dan dipertahankan sebagai ideologi bangsa. 

    BACA JUGA: Pancasila Panduan Transformasi ”Kepribadian Politik dari Cinta Kekuasaan menuju Nasionalisme”

    Sementara itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Bandung Bambang Sukardi optimistis bahwa kalangan muda masih memiliki nilai-nilai Pancasila yang kuat. 

    “Khawatir memang harus, tinggal bagaimana kita memberikan pemahaman tentang nilai-nilai Pancasila,” kata Bambang. 

    (Yusuf Mugni/LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img