spot_img
Jumat 29 Maret 2024
spot_img
More

    Gempa Guncang Blitar, Ratusan Rumah Rusak

    SURABAYA,FOKUSJabar.id: Gempa bumi magnitudo 5,9 mengguncang wilayah Blitar, Jawa Timur, Jumat (21/5/2021) sekitar pukul 19.00 WIB. Ratusan rumah warga serta fasilitas umum rusak.

    Plt Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim Yanuar Rachmadi mengatakan, kerusakan bangunan terjadi di 7 daerah.

    “Data hingga Sabtu ini dampak gempa, ada kerusakan rumah atau fasilitas di 7 daerah,” kata Yanuar, Sabtu (22/5/2021).

    Yanuar menyebut Kabupaten Blitar menjadi daerah yang paling terdampak. Setidaknya 101 rumah dan 10 fasilitas umum rusak.

    BACA JUGA: PKS Gaungkan Zionis Nusantara, Menuai Hujan Kritik

    “Sejauh ini, belum ditemukan korban meninggal dunia. Namun, ada satu warga yang mengalami luka berat,” kata dia, seperti dilansir CNN.

    Daerah yang juga terdampak gempa bumi adalah Kabupaten Malang. Tercatat ada 27 unit rumah dan 5 unit fasilitas umum mengalami kerusakan.

    Kemudian di Lumajang, ada 19 unit rumah rusak. Di Kota Malang ada 1 unit rumah rusak. Lalu di Kabupaten Pasuruan ada 1 unit rumah dan satu fasilitas umum rusak.

    “Di Kota Blitar, ada 3 rumah yang mengalami kerusakan. Sementara di Jember ada 1 fasilitas umum rusak,” katanya.

    Hingga saat ini, BPBD terus melakukan penanganan pascagempa di wilayah Jawa Timur. Pihaknya memantau dan menggali informasi terkait perkembangan dampak gempa.

    Sebelumnya, Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Daryono mengungkapkan gempa yang terjadi pada Jumat (21/5) pukul 19.09 WIB termasuk gempa yang bersifat merusak.

    (Agung)

     

    Berita Terbaru

    spot_img