spot_img
Minggu 5 Mei 2024
spot_img
More

    PWI Ciamis Mengutuk Kekerasan Terhadap Jurnalis di Palestina oleh Israel

    CIAMIS,FOKUSJabar.Id: Sejumlah wartawan yang tergabung di Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Ciamis menggelar aksi solidaritas untuk para wartawan peliput di Palestina yang menjadi korban kekerasan Zionis Israel, Kamis (20/5/2021).

    Aksi diawali dengan longmarch dari Jalan Kaum menuju Alun-alun Ciamis dan berorasi di tengah jalan kawasan Alun-alun. Aksi dilanjutkan dengan menabur bunga di atas kamera dan kartu identitas wartawan serta membacakan puisi.  Dengan pengawalan ketat aparat kepolisian, aksi para wartawan itu berjalan aman dan lancar. 

    Koordinator aksi Rizal Nurdiana mengatakan bahwa yang dilakukan wartawan Ciamis sebagai bentuk kecaman terhadap kekejaman Israel yang menyerang kantor-kantor media dengan bom mereka. 

    BACA JUGA: PWI Ciamis Bersama Pramuka Kwarcab Ciamis Bagikan Nasi Kotak

    Rizal menilai tindakan Israel itu sebagai upaya pembungkaman dan sensor terhadap pemberitaan yang berkaitan dengan kekerasan yang dilakukan di Jalur Gaza.

    “Aksi ini kami lakukan sebagai bentuk solidaritas kepada para jurnalis di Palestina yang mendapat kekerasan. Kami mengutuk kekerasan terhadap jurnalis, media dan warga sipil di Palestina,” kata Rizal. 

    Menurut dia, pembungkaman media sebagai ujung tombak informasi dengan kekerasan adalah tindak kejahatan yang harus dipertanggungjawabkan kepada mahkamah internasional.

    “Kami mendesak pemerintah untuk ikut aktif mendamaikan konflik Israel-Palestina. Termasuk turut aktif menghentikan kekerasan terhadap jurnalis dan warga sipil Palestina,” kata anggota PWI Ciamis itu. 

    Aksi unjuk rasa ini diikuti PWI, Ikatan Jurnali Televisi (IJTI) dan AFI, Mereka menyerukan organisasi-organisasi dan komunitas internasional agar bersama-sama melakukan langkah aktif serta solidaritas terhadap jurnalis.

    (Husen Maharaja/LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img