spot_img
Kamis 6 Mei 2021
spot_img
spot_img

Pocong dan Kuntilanak Sindir Larangan Mudik dan Operasional Lokasi Wisata

CIAMIS,FOKUSJabar.id: Dua karakter hantu yakni Pocong dan Kuntilanak wara-wiri di Alun-alun Ciamis, Kamis (29/4/2021).  Keduanya tengah melakukan aksi solidaritas sosialisasi Prokes dan juga menyoroti larangan mudik lebaran 2021.

Pocong dan Kuntilanak ini juga membawa seekor anjing yang namanya Joy. Anjing itu dipakaikan masker, hal itu dilakukan agar masyarakat malu dengan hewan yang jutru menaati protokol kesehatan (prokes).

Dalam aksi solidaritas ini, ada pasar gratis dengan barang seperti pakaian, masker, buku dan takjil. Warga yang datang boleh mengambil secukupnya dengan gratis. Hal ini juga bagian dari aksi yang menunjukan bahwa masyarkat saat ini membutuhkan bantuan dari pemerintah.

“Kami melakukan aksi solidaritas sosialisasi Prokes dan larangan mudik. Pandemi ini menimbulkan ketidakpastian kapan akan berakhir. Jadi aksi ini kami beri hastag rakyat bantu rakyat,” kata Raditia Muhammad salah satu peserta aksi. 

BACA JUGA: Pocong Ungu Jalan Kaki 26 Km

Adapun kehadiran pocong dan kuntilanaka, kata Radit, adalah sebagai simbol atau gambaran bagi yang tidak patuh terhadap prokes. Jika seseorang tidak memakai masker dan tidak patuh Prokes bisa tertular virus Corona yang dapat menyebabkan kematian.

“Kami juga membawa seekor anjing penurut. Anjing ini turut sosialisasi prokes. Dia (anjing) saja mau pakai masker, masa manusia tidak mau pakai. Ini sebagai bentuk penyadaran dan edukasi,” kata dia. 

Radit mengatakan bahwa kondisi saat ini membuat masyarakat bingung. Terlebih dengan larangan mudik di tengah diperbolehkannya tempat wisata beroperasi. 

(Riza M Irfansyah/LIN)

Artikel Lainnya

spot_img