spot_img
Selasa 4 Mei 2021
spot_img
spot_img

Tingkatkan Minat Baca, Diperpuska Ciamis Rilis Film Dokumenter Literasi

CIAMIS,FOKUSJabar.id: Selama bulan Ramadan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Diperpuska) Kabupaten Ciamis, Jabar menggelar Gema Ramadan Pekan Literasi (Gemar Makan Nasi).

Dinas Perpustakaan Ciamis berusaha menghidupkan suasana Ramadan lewat berbagai kegiatan literasi secara digital. Dalam hal ini Dinas Perpustakaan memanfaatkan platform YouTube. 

“Kita terus memproduksi karya dokumenter terkait literasi di Ciamis sejak awal Ramadan. Temanya berbeda-beda. Rencananya akan berlanjut sampai akhir Ramadan,” kata Kepala Bidang Pengolaan dan Layanan Perpustakaan Dinas Perpustakaan Kabupaten Ciamis Dase Fadlil Yusdy Mubarak, Rabu (28/4/2021).

Dase menjelaskan, isi konten YouTube Perpustakaan Ciamis yaitu film fiksi bertema edukasi dan religi. Salah satunya berjudul Minadz Dzulumati Ila Nur (Dari Kegelapan Menuju Cahaya).

BACA JUGA: Siswa SMPN 1 Panawangan Ciamis Ikuti Pesantren Kilat Di Ponpes dan Masjid

“Insyaallah akan tayang pada tanggal 28 April 2021,” katanya.

Selain itu, ada juga video dokumenter tentang program literasi di Ciamis bertajuk Program Khazanah Literasi Ciamis dan juga Ngopi Tiam (Ngobrol Perihal Islam 3 menit) serta program pembahasan buku-buku bertema Islam.

“Tujuan dari program yang kami unggah pada YouTube tersebut yaitu memberikan informasi kepada masyarakat tentang perpustakaan, khazanah literasi di Kabupaten Ciamis, dakwah Islam dalam rangka menghidupkan Ramadan, dan menyampaikan informasi referensi buku-buku melalui program kajian ringan dan singkat tentang apa isi dalam buku tersebut. Sekaligus sebagai gerakan literasi dan gerakan rindu membaca,” katanya.

Dase berharap program yang digaungkan selama Ramadan tersebut memberikan manfaat untuk masyarakat.

(Riza M Irfansyah/Anthika Asmara)

Artikel Lainnya

spot_img