spot_img
Jumat 29 Maret 2024
spot_img
More

    Kalimantan banjir Lagi, Rendam Rumah 65 Keluarga di Tapin

    KALIMANTAN SELATAN,FOKUSJabar.id: Sedikitnya rumah milik 65 kepala keluarga terendam banjir di Dusun Taibah RT. 04 Desa Banua Halat Kanan, Kecamatan Tapin Utara, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan.

    Penyebab banjir tersebut disinyalir akibat luapan Sungai Tapin karena Intensitas curah hujan tinggi beberapa hari terakhir.

    “Dampak bencana banjir yang merendam pemukiman warga menyebabkan aktivitas sehari-hari warga menjadi terganggu karena sebagian rumah warga dan akses jalan terendam banjir,” ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tapin, Said Abdul Nasir, Sabtu (3/4/2021).

    Said menghimbau masyarakat tetap waspada dengan kondisi banjir saat ini karena ditakutkan banjir yang terjadi akan terus naik.

    BACA JUGA: Netizen Nyinyir, Istri Ustaz Solmed Asyik Joget TikTok

    Kondisi terakhir pada Jumat (3/4/2021) sekitar pukul 16.00 WITA, ketinggian banjir sekitar 10 sampai 50 sentimeter.

    Sedangkan Daerah Aliran Sungai (DAS) Tapin sempat berstatus siaga satu dan untuk bendungan Tapin di hulu sungai masih dalam kondisi normal.

    “Alhamdulillah Bendung Tapin aman, air masih di elevasi 144,69, belum meluap masih kami tampung. Beberapa hari terakhir ini kenaikan muka air lumayan tinggi,” ujar Penjabat Pembuat Komitmen (PPK) Amir Rahman, seperti dilasnir CNN.

    Sementara itu di wilayah Kota Barabai, Kabupaten HST, juga terjadi banjir karena luapan Sungai Batang Alai, serta curah hujan yang tinggi di daerah hulu/kawasan Pegunungan Meratus.

    (Agung)

     

     

     

    Berita Terbaru

    spot_img