spot_img
Sabtu 4 Mei 2024
spot_img
More

    FORKI Kota Bandung Gelar Seleksi Atlet Tanpa Dukungan KONI

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Guna mempersiapkan atlet menuju babak kualifikasi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Barat XIV tahun 2022 cabang olahraga karate, Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (FORKI) Kota Bandung menggelar seleksi di GOR Sazakawa, Jalan Pajajaran Kota Bandung, Sabtu (20/3/2021). Babak kualifikasi sendiri digelar pada 23-26 November 2021 di GOR Gotong Royong, Kabupaten Subang.

    Ketua Umum Pengcab FORKI Kota Bandung Agung Satria Negara mengatakan, pelaksanaan seleksi diikuti 45 atlet yang berasal dari perguruan karate di Kota Bandung. Seleksi yang digelar layaknya sebuah pertandingan dilaksanakan sebagai upaya pihaknya melihat potensi atlet-atlet karate dari perguruan untuk memenuhi kuota tim karate Kota Bandung yang disiapkan menghadapi babak kualifikasi Porprov XIV/2022.

    “Mudah-mudahan, melalui seleksi ini bisa lahir atlet karate potensial baru yang akan kita siapkan untuk babak kualifikasi. Termasuk memfasilitasi perguruan untuk mengevaluasi hasil pembinaan yang mereka lakukan melalui sebuah kompetisi,” kata Agung saat ditemui di sela-sela pelaksanaan seleksi, Sabtu (20/3/2021).

    Untuk pelaksanaan seleksi, Agung mengaku jika FORKI Kota Bandung belum mendapatkan bantuan anggaran dari KONI Kota Bandung. Meski demikian, hal tersebut tidak mengurungkan maupun menghentikan program kegiatan yang sudah disusun berjalan.

    Di tengan situasi saat ini, mau tidak mau kita harus mandiri. Termasuk seleksi kali ini yang kita gelar tanpa ada bantuan dari KONI Kota Bandung. Kita sebenarnya sangat berharap ada perhatian khusus dari pemerintah Bandung melalui KONI Kota Bandung tapi bagaimana pun program harus tetap berjalan,” kata Agung.

    BACA JUGA: Kejuaraan Piala Gubernur Jawa Barat Kembali Digelar, Menembak Jadi yang Pertama

    fokusjabar.id forki kota bandung
    Pelaksanaan seleksi atlet karate Kota Bandung di GOR Sazakawa, Sabtu (20/3/2021). (FOTO: Ageng)

    Saat ini, lanjut Agung, FORKI Kota Bandung sudah memiliki delapan orang atlet yang masuk dalam komposisi tim Pelatcab Karate Kota Bandung untuk babak kualifikasi Porprov Jabar XIV/2022. Diantaranya Maruli Butar Butar, Intan Nurjanah, Nadar, dan Sandi Firmansyah.

    “Dari seleksi ini, kita akan melengkapi komposisi tim karate Kota Bandung untuk menghadapi babak kualifikasi yang akan mempertandingkan 15 nomor dari total 17 nomor pertandingan di Porprov XIV Jabar tahun 2022. Kita akan memilih atlet terbaik dari yang paling baik,” Agung menegaskan.

    Untuk Porprov XIV Jabar yang akan digelar tahun 2022 mendatang, FORKI Kota Bandung menargetkan untuk mempertahankan titel juara umum cabang olahraga karate. Minimal, bisa kembali meraih empat medali emas seperti saat gelaran Porprov Jabar XIII tahun 2018 lalu.

    “Dengan modal empat atlet Pelatda PON XX Jabar, kita yakin bisa mempertahankan juara umum karate di Porprov Jabar XIV tahun 2022 mendatang. Atau bahkan bisa melampaui prestasi sebelumnya. Intinya, karate Kota Bandung harus kembali menjadi juara umum,” kata Agung.

    Kesiapan pun disampaikan salah satu atlet karate Kota Bandung, Sandi Firmansyah. Karateka tim Pelatda PON XX Jabar sekaligus timnas ini menegaskan jika dirinya siap sepenuhnya membela Kota Bandung.

    “Tidak hanya untuk ajang Porprov Jabar XIV saja, saya pun siap memberikan prestasi terbaik di even lain hingga internasional untuk mengharumkan Kota Bandung. Dan saya yakin, support yang diberikan kepengurusan FORKI Kota Bandung saat ini sangat baik bagi atlet,” Sandi menegaskan.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img