Sabtu 27 Februari 2021

Menerka Masa Depan Lionel Messi

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Spekulasi masa depan Lionel Messi di Barcelona masih teka-teki. Apakah akan bertahan di Camp Nou, bergabung dengan Manchester City, Paris Saint Germain (PSG) atau justru bermain di liga Amerika, Major League Soccer (MLS)?

Dikutip dari skysports, kapten Barcelona itu belum memutuskan masa depannya pada transfer musim panas mendatang. Meski beberapa tawaran dan ketertarikan, disebut-sebut, telah dialamatkan kepada dirinya.

Yang paling santer diberitakan yakni Manchester City serta PSG. Kedua klub raksasa tersebut sudah menyatakan ketertarikannya untuk merekrut La Pulga pada transfer musim panas mendatang.

BACA JUGA: Persib Siapkan Pemain Muda Untuk Piala Menpora 2021

fokusjabar.id lionel messi
(FOTO: WEB)

Meski demikian, peraih penghargaan enam kali Ballon d’Or itu dengan tegas membantah jika ada tawaran yang sudah dilayangkan kepadanya dari klub asal Liga Inggris, Manchester City. Hal ini sekaligus bertentangan dengan laporan yang dibuat di surat kabar Inggris pada pekan lalu.

Juru bicara sang pemain pun menegaskan jika penyerang berpaspor Argentina itu akan memutuskan pergi atau bertahan di Nou Camp pada akhir musim nanti. Seperti yang dia ungkapkan pada sebuah wawancara dengan La Sexta di bulan Desember 2019 lalu.

“Saya tidak berpikir terlalu jauh ke depan dalam jangka pendek dan hanya ingin melihat bagaimana musim ini berakhir. Saya tidak akan bernegosiasi dengan klub lain. Saya akan menunggu musim berakhir dan pada Juni saya akan memutuskan,” kata Messi pada Desember.

Singkatnya, La Pulga akan memutuskan kelanjutan karirnya kedepan pada akhir musim. Meski sisa kontraknya bersama Blaugrana tersisa kurang dari enam bulan dan memungkinnya dirinya dalam status bebas transfer.

Alasan lain Lionel Messi menunda keputusannya hengkang dari Barcelona yakni menunggu hasil pemilihan presiden Barcelona. Namun, rencana pemilihan yang sebelumnya akan digelar 24 Februari justru mengalami penundaan karena situasi pandemim Covid-19.

Sang megabintang sekaligus kapten tim Barcelona, Lionel Messi, sendiri dikabarkan ogah untuk menandatangani kontrak selama klub masih digerakkan manajemen lama warisan Josep Maria Bartomeu. La Pulga disebut-sebut mau memperbarui kontrak yang akan berakhir pada Juni 2021 mendatang jika Barcelona sudah berganti kepengurusan.

Dalam pemilihan presiden Barcelona tersebut, ada tiga nama yang akan bersaing. Mereka yakni Joan Laporta, Victor Font, dan Toni Freixa.

fokusjabar.id lionel messi
Presiden sementara Barcelona Carlos Tusquets menyebut jika penjualan Lionel Messi menjadi opsi yang sangat menarik. (FOTO: WEB)

Namun, presiden sementara Barcelona Carlos Tusquets sempat mengatakan jika menjual Messi menjadi sebuah opsi yang sangat baik dilakukan klub. Seharusnya, kata dia, klub sudah menjual sang kapten pada musim panas 2019 lalu saat dia menginginkannya untuk pergi.

Hal ini seiring dengan besarnya nilai kontrak dari La Pulga di Barcelona. Seperti dikabarkan surat kabar Spanyol El Mudo, kontrak Lionel Messi yang diteken pada tahun 2017 lalu untuk empat tahun bersama Barcelona, nilainya mencapai 555 juta euro atau sekitar Rp9,4 trilyun.

Jika dibandingkan dengan megabintang Cristiano Ronaldo, nilai kontrak Messi empat kali lipat dalam hitungan per tahunnya. Pasalnya, bayaran Ronaldo di Juventus pada tahun 2020 sebesar 30 juta euro dalam satu musim.

“Dalam hal apa pun, Anda akan hemat untuk gaji serta uang yang Anda hasilkan, itu akan sangat menarik,” kata Carlos Tusquets pada Desember 2019 lalu.

Meski demikian, pesona seorang La Pulga masih tetap menyilaukan beberapa klub eleit di benua biru. PSG dan Manchester City disebut-sebut sebagai tujuan potensial, kerena memiliki kekuatan finansial untuk mendapatkan La Pulga.

Namun terlepas dari dua klub elit Eropa tersebut, Lionel Messi pernah menyatakan ketertarikannya untuk bermain di liga sepakbola Amerika Serikat, Major League Soccer (MLS). Dan seperti diketahui, beberapa klub MLS pun sempat mendatangkan beberapa pemain elit Eropa dengan nilai gaji yang cukup fantastis.

Apakah Lionel Messi akan bersatu kembali dengan Pep Guardiola di Manchester City? Ataukah bermain untuk rekan senegaranya Mauricio Pochettino di Paris Saint-Germain dan kembali berduet bersama Neymar? Ataukah langsung terbang ke Amerika Serikat untuk bermain di MLS? Atau akan menyelesaikan karirnya di dunia sepakbola sebagai legenda di satu klub dan tetap bersama Barcelona?

fokusjabar.id lionel Messi
Lionel Messi saat bertanding menghadapi PSG pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions 2020-2021. (FOTO: WEB)

Terlepas dari beberapa kemungkinan tersebut, mantan penyerang Barcelona, Rivaldo punya pendapat berbeda. Dirinya yakin jika Lionel Messi akan bergabung dengan Paris Saint-Germain (PSG) pada bursa transfer musim panas mendatang seperti yang dilansir Marca.

Rivaldo mengatakan jika peluang itu makin menguat setelah PSG berhasil menang telak 1-4 atas Barcelona pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions 2020/2021, Selasa (16/2/2021) lalu.

“Kekalahan besar melawan PSG itu hampir pasti menjadi pertandingan Liga Champions terakhir Messi dengan Barcelona di Camp Nou,” kata Rivaldo.

Rivaldo menyebut jika Barcelona tidak lagi menjadi sebuah tim yang kompettif bagi Messi untuk bisa bersaing di Liga Champions. Dan PSG menjadi pilihan yang tepat.

“Masa depannya adalah PSG, terlebih mengingat penampilannya di Camp Nou. Mereka tim yang bisa memberinya pilihan untuk terus memenangkan trofi,” Rivaldo menambahkan.

Legenda sepakbola Brasil itu mengatakan jika Lionel Messi tidak akan bisa menyelamatkan Barcelona sendirian. Terlebih, usianya saat ini sudah memasuki 33 tahun.

“Lionel Messi sudah berusia 30-an, dan masih mengambil tanggung jawab untuk tim. Selain itu ada kondisi yang memperburuk keadaan, dimana dia melihat rekan setim terbaiknya, Luis Suarez, pergi dan justru membuat Atletico Madrid lebih kuat dari sebelumnya. Suarez sekarang menjadi kandidat peraih El Pichichi (pencetak gol terbanyak La Liga),” kata dia.

(Ageng)

Artikel Lainnya

Menerka Masa Depan Lionel Messi 1