spot_img
Jumat 29 Maret 2024
spot_img
More

    Bupati Ciamis: ORARI Berperan Dalam Pembangunan Sumber Daya

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Bupati Ciamis Herdiat Sunarya menyebut Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI) berperan penting dalam pembangunan sumber daya. Dari bidang sosial kemasyarakatan dan kemanusiaan.

    Hal tersebut dikatakan Herdiat saat menerima kunjungan pengurus ORARI daerah Jawa Barat dan Lokal Ciamis di Joglo Barat Pendopo Bupati Ciamis, Rabu (24/02/2021).

    “Saya pernah menjadi anggota ORARI pada 1991 saat menjabat sebagai Camat Cipaku. Ketika tekhnologi komunikasi belum secanggih sekarang, komunikasi dan informasi edukasi dapat tersampaikan melalui frekuensi radio,” kata Herdiat.

    Herdiat menuturkan, saat ini ada dua organisasi yakni RAPI dan ORARI yang selalu aktif melalui jaringan komunikasinya, terutama ketika ada bencana.

    BACA JUGA: Bupati Ciamis Soroti Kondisi Wilayah Perbatasan

    “Alhamdulillah untuk saat ini ada dua organisasi serupa yakni RAPI dan ORARI, dengan adanya dua organisasi ini kami pemerintah daerah merasa sangat terbantu hal itu karena RAPI dan ORARI dianggap paling proaktif terutama ketika terjadi bencana, dimana komunikasi bisa lebih cepat,” katanya.

    Herdiat berharap antara Pemda dan ORARI dapat senantiasa bersinergi terutama dalam bidang kemanusiaan.

    Sementara itu Wakil Ketua ORARI lokal Ciamis Iwan Ompong (YC1PIO) mengatakan, selain untuk silaturahmi kehadiranya untuk menyerahkan papan Callsign atau papan kehormatan untuk Bupati Ciamis yang akan diserahkan secara resmi ORDA Jabar.

    “Ada empat papan Callsign yang akan diserahkan secara resmi oleh ORDA kepada para Pimpinan Daerah diantaranya Bupati (YD1BPT), Wakil Bupati (YD1PTR), Kepala BPBD (YD1DPB) dan Ketua DPRD yang pada kesempatan ini berhalangan hadir,” kata Iwan.

    Iwan menambahkan, untuk saat ini kurang lebih terdapat 52 anggota ORARI di Kabupaten Ciamis, dan mudah-mudahan dapat terus bertambah.

    (Riza M Irfansyah/Anthika Asmara) 

     

    Berita Terbaru

    spot_img