spot_img
Kamis 25 April 2024
spot_img
More

    LPM Kota Bandung Siapkan Program Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Ekonomi dan Digital

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Ketua DPD Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kota Bandung, Merdi Hajiji mengatakan akan membuat rumusan-rumusan kebijakan untuk lima tahun ke depan.

    Merdi Hajiji mengatakan, perumusan tersebut akan disinergikan dengan program Pemkot Bandung khususnya yang tertuang dalam Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

    Hal iitu disampaikan saat Musawarah Daerah (Musda) ke-V DPD LMP Kota Bandung tahun 2021 di Gedung Graha Binangkit PKK Jalan Sukabumi Kota Bandung Jabar, Kamis (18/2/2021).

    “Jadi hasil musyawarah akan menghasilkan perumusan kebijakan program yang akan disinergikan dengan program pemerintah yang sesuai dengan dengan RPJMD kota Bandung,” kata Merdi.

    BACA JUGA: Diduga Akibat Pergerakan Tanah, Rumah di Bandung Retak

    Herdi mengungkapkan, perumusan program akan mengarah pada pemberdayaan masyarakat berbasis ekonomi di masa dan pasca pandemi. Pasalnya, banyak masyarakat yang kehilangan pekerjaan yang harus segera diberdayakan.‎

    “Taget khususnya adalah bagaimana kita bisa melakukan pemberdayaan masa pandemi dan pasca pandemi, terutama terkait pemberdayaan ekonomi di program prioritas, karena masyarakat banyak terdampak dari sisi ekonomi. Mudah-mudahan kita bisa mengusulkan berbagai program ke Pemkot, diantaranya program pemberdayaan masyarakat yang tadinya bekerja menjadi tidak bekerja memiliki keterampilan di bidang usaha, menciptakaan peluang usaha,” kata dia.

    Merdi juga mengatakan, pemberdayaan ekonomi juga akan mengarah pada penggunaan media digital. Pasalnya, media digital menjadi berpotensi menjadi ruang dan jalan usaha yang relevan di masa pandemi Covid-19.‎

    “Karena saat ini, tidak dapat dipungkiri, dengan adanya Covid-19 ini, dengan dibatasi dengan jaga jarak dan lain sebagainya tentunya ini menjadi peluang bagi masyarakat untuk memanfaatkan teknologi yang ada saat ini,” kata Merdi.

    Sementara itu Wali Kota Bandung Oded M Danial mengatakan, setiap organisasi dan lembaga yang berbasis masyarakat harus mampu menciptakan anggota-anggota yang berkualitas. Selain itu, setiap organisasi dan lembaga juga harus mampu merumuskan program-program yang komprehensif. 

    “Semoga mengahadirkan rumusan rumusan program yang komprehensif dan memilih pemimpin yang berkualitas, kecerdaan moralitas. Lalu program-program yang dapat bersinergis dengan kota Bandung,” kata Oded.

    (Yusuf Mugni/Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img