spot_img
Jumat 17 Mei 2024
spot_img
More

    DPRD Jabar Dorong Alokasi Anggaran Jalur Irigasi Depok

    BANDUNG,FOKUSJabar.id:  DPRD Jabar dorong upaya peningkatan anggaran untuk perbaikan jalur irigasi depok di Kabupaten Bandung. Hal itu penting guna mengantisipasi terjadinya bencana banjir.

    Demikian disampaikan Ketua Komisi IV DPRD Jabar Tetep Abdulatip saat meninjau Daerah Irigasi Depok di Kabupaten Bandung, Senin (15/2/2021).

    Tetep mendorong Dinas SDA Jabar untuk mengalokasikan anggaran yang sesuai dengan prioritas. Pihaknya pun merekomendasikan Irigasi Depok agar jalurnya segera diperbaiki.

    “Banyak kebocoran di jalur irigasi yang memang sudah ada sejak zaman Belanda itu. Saat ini baru ada perbaikan sekitar 50-100 meteran. Ke depan harus ada perbaikan dari luar maupun dalam. Bagusnya dari jalur yang menjadi kewenangan kita (jalur dalam). Luarnya kewenangan BBWS,” kata Tetep.

    BACA JUGA: DPRD Kota Banjar Kritisi APD jadi Alat Sanksi Pelanggar Prokes

    Perbaikan harus dilakukan sebagai upaya mengatasi meluapnya air saat debit air besar dan tinggi. Terlebih tidak menutup kemungkinan beberapa tahun ke depan bisa terjadi penggerusan tanah jika tidak diperbaiki.

    “Kalau tidak diperbaiki saat ini, khawatir terjadi longsor, jika sudah begitu maka biayanya lebih besar. Artinya sebelum terjadi kerusakan lebih parah, maka perbaiki dari jalur dalam terlebih dahulu guna mengantisipasi jalur bawah,” kata dia.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img