spot_img
Selasa 22 Juni 2021
spot_img
spot_img

3 Jamu Obat Asam Urat

BANJAR,FOKUSJabar.id: Penyakit Asam Urat terjadi ketika kandungan uric acid di dalam darah melebihi batas normal. Ketika kadar asam uric ini naik, jempol kaki akan bengkak yang diikuti rasa sakit di persendian bagian tertentu (kaki, tumit, lutut dan siku).

Rasa sakit akibat asam urat biasanya terjadi pada malam hari dan memuncak dalam 12-14 jam kemudian.

asam urat fokusjabar.id
(foto web)

BACA JUGA: 10 Tips Memilih Buah Durian Yang Bagus dan Nikmat

Meski rasa sakit ini bisa hilang dengan sendiri kurang lebih 2 Minggu, namun anda bisa mencoba mengurangi intensitas nyerinya dengan berbagai cara, salah atunya dengan mengkonsumsi jamu sebagai berikut:

  1. Jamu Kayu Manis

Kayu Manis seperti yang dilansir dari laman Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Kementerian Pertanian Republik Indonesia diyakini bisa menurunkan kadar penyakit ini di dalam darah. Maka, gejala seperti rasa nyeri di persendian anda akan berkurang dengan mengkonsumsi jaamu kayu manis.

asam urat fokusjabar.id
(foto web)

Berikut bahan-bahan yang dibutuhkan. Di antaranya: 

  • 1 Ibu jari kayu manis
    •  5 gram biji pala
    •  5 butir kapulaga
    •  10 butir merica

Semua bahan tersebut kemudian direbus dengan 1.500 ml air hingga tersisa 500 ml saja. Jamu asam tersebut kemudian di saring kembali dan ditambahkan air sebanyak 200 ml susu cair dan setelah itu baru bisa dikonsumsi.

Resep lainnya dari bahan kayu manis adalah dengan menambahkan 4 lembar daun cocor bebek. Bahan-bahan ini direbus dengan 600 ml air hingga tersisa 300 ml. Air rebusan kemudian disaring dan diminum.

  1. Jamu Seledri, Daun Sendok dan Cabe Jawa

Seledri (Avium graveolens) memiliki kandungan kimia flavonoid yang telah terbukti dapat menurunkan kadar penyakit ini dalam penelitian tikus kecil sebagai hewan uji.

Sementara itu, daun sendok (Plantogo Major) terbukti secara medis dapat bertindak sebagai inhibitor xanthone oxidase yang berperan dalam proses pembentukan asam urat.

asam urat fokusjabar.id
(foto web)

Sedangkan, Cabe Jawa (piper retrofractum) memiliki efek analgesik yang dapat pengobatan hiperurisemia (asam urat). Untuk membuat jamu ini, bahan yang harus disiapkan adalah:

  • 5gr cabe Jawa
    • 3gr seledri
    • 3gr daun sendok

Ketiga bahan ini kemudian direbus bersama 400ml air. Bila anda menggunakan kuali yang terbuat dari tanah liat, rebuslah selama 15menit. Setelah volume rebusan berkurang setengahnya, matikan api dan saring.

  1. Jamu Daun Salam

Air rebusan daun salam juga kerap dianggap sebagai jamu asam urat yang ampuh mengurangi rasa nyeri pada gejala kenaikan uric acid. Daun salam mengandung Tanin, Flavonoid, Alkoid,  dan minyak Atsiri yang mampu memperbanyak produksi urine (memberikan efek diuretik) sehingga menurunkan kadar asam urat darah.

asam urat fokusjabar.id
(foto web)

Anda cukup merebus daun salam dengan air mendidih selama 30 menit agar sari daun salam keluar ke air rebusan tersebut. Untuk merasakan manfaatnya, anda harus menyesuaikan dosis minum jamu asam urat ini dengan berat badan yakni 5 gram (ml/kg berat badan.

Jika minum jamu asam urat ini tidak membantu mengurangi rasa nyeri akibat naiknya kadar uric di dalam darah, hentikan penggunaanya dan periksa kondisi anda ke dokter.

Sampaikan pada dokter jika anda ingin minum jamu asam urat bersamaan dengan obat yang diresepkan dokter. Selalu ikuti anjuran dokter termasuk makanan yang harus anda hindari, agar asam urat tidak kambuh lagi.

(Budiana Martin/Bambang)

Artikel Lainnya

spot_img