spot_img
Kamis 2 Mei 2024
spot_img
More

    Heboh!! Arca Agastya Ditemukan Warga Saat Bangun Pondasi Rumah

    SEMARANG,FOKUSJabar.id: Arca Agastya ditemukan warga saat gali pondasi untuk pembangunan rumah, seorang Warga Desa Sidomukti, Kecamatan Bendungan, Kabupaten Semarang Jawa Tengah dihebohkan dengan penemuan sebuah arca kuno.

    Tak lama setelah kabar tersebut beredar, Ketua Tim Ahli Cagar Budaya (TACB), Kabupaten Semarang, Tri Subekso langsung mendatangi lokasi guna meneliti arca tersebut.

    Baca Juga: Hari Kanker Sedunia, Kenali Penyebab dan Gejala Kanker Otak

    Menurut Subekso arca tersebut dikenal dengan nama Agastya dan disimpan dibagian selatan Candi. Ia mengungkapkan arca tersebut ditemukan oleh seorang warga bernama Faisal yang sedangenggali pondasi rumah. Rabu (10/2/2021).

    “Pasca penemuan arca Agastya  tersebut warga sekitar langsung melapor ke pihak desa lalu dilanjutkan laporan ke pamong budaya dan sampai lah informasi itu kepada kami” tuturnya, seperti dilansir Kompas.com, Rabu (10/2/2021).

    Arca Agastya ditemukan warga

    Arca Agastya
    Arca Agastya (Web)

    Lebih lanjut, Subekso mengungkapkan arca tersebut memiliki tinggi 49 sentimeter dan lebar 28 sentimeter.

    Menurut Subekso, dilihat dari atribut kedewanan yang terdapat pada relief dapat dipastikan arca tersebut merupakan perwujudan dari penganut Dewa Siwa yang berwujud sosok yang mempunyai ilmu spiritual tinggi.

    Baca Juga: Disbudpora Ciamis: Penemuan Situs Harus Segera Dilaporkan

    “Tapi setelah diketemukan oleh warga bagian wajah arca nya sudah rusak, kalau untuk bentuk keseluruhan masih bagus, diperkirakan arca itu dibuat pada abad ke delapan atau 10 Masehi” tandasnya.

    Diketahui, Wilayah ditemukannya Arca tersebut memang kaya akan situs situs kuno selain itu tempat tersebut memiliki histori dengan Candi Gedongsongo.

    “Kalau tempat ditemukannya Arca ini memang termasuk kedalam kawasan spiritual, kalau untuk mengetahui keterkaitannya dengan benda-benda lain kita harus melakukan penelitian lebih mendalam” ucap Subekso.

    Untuk diketahui, Arca tersebut disimpan dan dilestarikan oleh Pemerintah Desa Sidomukti karena Desa tersebut bertujuan membangun Museum mini.

    (Fauza/Erwin)

    Berita Terbaru

    spot_img