spot_img
Kamis 25 April 2024
spot_img
More

    8 Manfaat Srikaya untuk Ibu Hamil

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Srikaya (Annona squamosa) adalah tanaman yang tergolong ke dalam genus Annona yang berasal dari daerah tropis.

    Buah ini berbentuk bulat dengan kulit bermata banyak (serupa sirsak). Daging buahnya berwarna putih.

    Termasuk semak semi-hijau abadi atau pohon yang meranggas mencapai 8 m tingginya. Daunnya berselang, sederhana, lembing membujur, 7–12 cm panjangnya dan lebar 3–4 cm.

    Bunganya muncul dalam tandan sebanyak 3-4, tiap bunga berlebar 2–3 cm, dengan enam daun bunga/kelopak, kuning-hijau berbintik ungu di dasarnya.

    BACA JUGA: 10 Rahasia Jeruk Purut untuk Kesehatan Kita

    Buah Srikaya biasanya bundar atau mirip kerucut cemara, berdiameter 6–10 cm, dengan kulit berbenjol dan bersisik. Daging buahnya putih, menyerupai dan memiliki rasa seperti Podeng.

    srikaya dokusjabar.id
    (Foto Web)

    Buah ini kaya akan energy makanan dan merupakan sumber zat besi yang baik. Digunakan oleh beberapa masyarakat di India untuk meramu tonik rambut. Bijinya juga ditumbuk dan dioleskan untuk membasmi kutu rambut.

    Selain sebagai konsumsi buah yang menyehatkan, juga memiliki manfaat untuk Ibu Hamil (Bumil). Biji buahnya dapat digunakan sebagai pestisida nabati. Misalnya ekstrak biji buah ini digunakan untuk mengendalikan serangan hama ulat Spodoptera litura, Plutella xylostella, dan Rayap tanah.

    BACA JUGA: 15 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan Anda

    Ekstrak biji buah ini berfungsi sebagai racun perut pada serangga hama tersebut.

    Selain karena rasanya yang lezat, buah ini juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa karena mengandung vitamin C yang membantu untuk menyingkirkan radikal bebas dalam tubuh.

    Selain mengandung vitamin C, juga tinggi dengan kandungan kalsium, magnesium, besi, niasin, dan potasium yang bisa memberikanmu manfaat bagi tubuh.

    Sejumlah kandungan luar biasa tersebut menjadikan buah ini memiliki manfaat untuk kesehatan. Berikut sejumlah manfaatnya: 

    1. Membantu Pencernaan

    Dilansir dari data komposisi pangan Indonesia, dalam 100 gr Srikaya mengandung 28 mg vitamin C yang dapat membantu proses pencernaan ibu hamil.

    Buah ini dapat membantu permasalahan pecernaan ibu hamil seperti memudahkan buang air besar, menurunkan kemungkinan sembelit, dan masalah pencernaan lainnya.

    1. Mengurangi Morning Sickness

    Selain itu, kandungan vitamin B6 yang sangat baik pada Srikaya membantu ibu hamil mencegah morning sickness atau mual selama kehamilan.

    srikaya fokusjabar.id
    Srikaya (foto web)
    1. Membangun Saraf Janin

    Kandungan karoten yang tinggi dalam buah ini penting untuk perkembangan janin. Konsumsi  secara teratur. Saat hamil pun bisa bermanfaat untuk membangun saraf janin, otak dan sistem kekebalan tubuh.

    Selain itu, kandungan karoten atau vitamin A sangat penting untuk kesehatan mata, kulit dan rambut.

    1. Menguatkan Tulang dan Mengurangi Nyeri

    Kandungan kalsium sebesar 127 mg dalam 100 gr srikaya dapat membantu penguatan tulang ibu hamil.

    Selama hamil, sering kali ibu hamil merasakan nyeri dan sakit pada beberapa bagian tubuh karena perubahan bentuk tubuh yang mulai membesar.

    Hal ini dapat mencegah mengurangi rassa sakit dan nyeri pada tulang dan badan selama masa kehamilan.

    Bahkan buah ini dapat membantu dalam perkembangan kulit yang sehat, tendon, dan pembuluh darah di janin.

    1. Membantu Sistem Pernapasan

    Menurut hasil penelitian di College of Medicine, University of Lago, Nigeria menyatakan bahwa Srikaya yang mengantung karoten dapat membantu mengatur sistem pernapasan selama kehamilan.

    1. Turunkan Tekanan Darah Tinggi

    Ibu hamil yang rentan terserang darah tinggi saat kehamilan atau biasa disebut dengan preeklamsia ternyata dapat mencegahnya dengan mengonsumsi buah ini. 

    Hasil penelitian dari Federal University of Technology, Nigeria menyebutkan sirsak telah digunakan selama berabad-abad di sana untuk mengobati hipertensi, karena kandungan antiksidan fenol dalam buah Srikaya yang dapat membantu pencegahan tekanan darah tinggi.

    1. Anti Peradangan

    Hasil penelitian dari University of Malaya, Kuala Lumpur menyebutkan bahwa kemampuan untuk mengobati peradangan pada buah ini memang terbukti ampuh dan dapat digunakan untuk menghilangkan radang sendi.

    Selain efek anti-inflamasi atau anti peradangan, buah ini juga dikenal karena efek analgesik atau mengatasi nyeri.

    1. Mencegah Kanker

    Menurut sebuah penelitian, Srikaya adalah obat kanker yang terbukti untuk sebagian besar jenis penyakit.

    Dalam penelitian lain di India yang dilakukan pada berbagai garis sel, daunnya menunjukkan penghambatan sel 80 persen untuk menghambat senyawa berbahaya dalam sel kanker. Semoga bermanfaat.

    (Bambang Fouristian/berbagai sumber)

    Berita Terbaru

    spot_img