Sabtu 6 Maret 2021

Cegah Narkoba dengan Ketahanan Keluarga

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Wali Kota Bandung Oded M Danial mengatakan bahwa ketahanan keluarga adalah fondasi yang bisa menjadi benteng dari pengaruh Narkoba. Tentunya dengan pola komunikasi yang klop antara orangtua dan anak.

“Yang efektif ini bagaimana kita membangun ketahanan keluarga. dan ini menjadi bagian dari upaya kita mencegah peredaran Narkoba di Tanah Air,” kata Oded di Bandung, Jabar, Jumat (22/1/2021).

Dari temuan di lapangan, kata Oded, sasaran utama peredaran Narkoba adalah anak-anak usia remaja. Di sini kedekatan hubungan keluarga menjadi sangat penting, khususnya dalam membangun keterbuakaan komunikasi terhadap berbagai hal, termasuk edukasi bahaya Narkoba. Tidak sedikit usia remaja yang terjerat Narkoba akibat masalah keluarga.

“Untuk itu, formulasi ketahanan keluarga dibutuhkan sebagai modal dasar dalam menangkal bahaya Narkoba,” kata dia.

BACA JUGA: Jauhi Narkoba, Yana Ajak Milenial Berpikir dan Berkegiatan Positif

Oded pun memastikan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung tidak akan terlena melupakan sejumlah persoalan sosial di tengah usaha keras berjibaku menangani Covid-19.

Sebagai kota modern dan sibuk beragam aktivitas, dia tidak memungkiri jika di tengah pandemi ini masih ada oknum masyarakat yang bergelut dalam dunia Narkoba. Pemkot Bandung bersama BNN akan terus bersinergi agar pengaruh buruk Narkoba tidak merajalela.

“Di tengah pandemi seperti ini, peredaran Narkoba tidak pernah surut, di satu sisi kita sedang menghadapi Covid-19, di sisi lain masih ada oknum masyarakat,” kata Oded.

Saat ini, kata Oded, 79 dari 151 kelurahan di Kota Bandung secara bertahap telah melengkapi regulasi berkait dengan fasilitasi program Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan Narkotika (P4GN). Bahkan, delapan kelurahan di Kota Bandung di antaranya ditetapkan sebagai percontohan pelaksanaan Kelurahan Bersih Narkoba (Bersinar) pada 2020 lalu.

“Tahun 2021 kita canangkan 20 kelurahan untuk program kelurahan Bersinar,” kata dia.

(Yusuf Mugni/LIN)

Artikel Lainnya

Cegah Narkoba dengan Ketahanan Keluarga 1