spot_img
Jumat 19 April 2024
spot_img
More

    Bupati Garut: BKSAP DPR RI Penting Diketahui Daerah

    GARUT,FOKUSJabar.id: Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI dibawah komando Fadli Zon melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Kabupaten Garut Jawa Barat (Jabar), Kamis (21/01/21).

    Pada kesempatan itu Fadli Zon didampingi Himmatul Aliyah, Fadlullah dan Mulan Jameela dari Fraksi Gerakan Indonesia Raya (Gerindra).

    bksap fokusjabar.id
    Bupati Garut dan Mulan Jameela

    Rombongan diterima langsung Bupati Rudy Gunawan di ruang Pamengkang Pendopo Garut.

    BACA JUGA: 3 Nama Calon Sekda Garut Diusulkan Pansel Terbuka JPT Pratama

    Ketua BKSAP DPR RI, Fadli Zon mengatakan, tujuan kunker tersebut untuk menjelaskan tugas diplomasi parlemen.

    “Kami datang ke Garut untuk menjelaskan apa tugas-tugas diplomasi parlemen,” kata Fadli Zon.

    Menurut Dia, selain tugas legislasi, budgeting dan pengawasan, juga ada tugas diplomasi parlemen dengan negara-negara lain.

    “Selain tugas legislasi membuat UU, tugas budgeting membuat anggaran bersama pemerintah dan juga tugas pengawasan serta diplomasi parlemen dengan negara-negara yang menjadi sahabat kita,” tuturnya.

    bksap fokusjabar.id

    Tak hanya itu, pada kunker ini pihaknya membahas potensi Garut dan kerja sama antara beberapa Perguruan Tinggi di Garut dengan perguruan lain di luar negeri.

    “Jadi ini secara umum. Termasuk bagaimana potensi Garut ke depan dan mungkin kerja sama beberapa perguruan tinggi yang mungkin bisa kita fasilitasi dan kita jembatani dengan perguruan tinggi luar negeri,” ujarnya.

    Senada disampaikan Anggota BKSAP DPR RI, Mulan Jameela. Dia mengatakan, mayoritas aspirasi masyarakat Garut yakni soal pendidikan.

    “Untuk tempatnya kita bisa menampung aspirasi dari masyarakat dan juga mensosialisasikan apa-apa saja yang menjadi tugas BKSAP. Aspirasinya lebih banyak ke sektor pendidikan,” singkat Mulan.

    Sementara Himmatul Aliyah dari Komisi X DPR RI berharap, persoalan PKH dan honorer di tahun yang sempat tertunda karena pandemi Covid-19 bisa diselesaikan tahun 2021.

    Pihaknya telah mendesak pemerintah untuk segera membuka kembali jalur P3K untuk menyelesaikan permasalahan honorer yang berlarut-larut.

    “Kami desak pemerintah agar segera membuka kembali jalur P3K. Jalur P3K tidak bisa disamaratakan dengan jalur CPNS.

    Bagaimana tidak, P3K hanya untuk menyelesaikan permasalahan honorer yang berlarut-larut sehingga diambil jalan keluar dengan dilakukan penerimaan melalui P3K.

    Bupati Garut, Rudy Gunawan mengatakan, Badan Kerja Sama Antar-Parlemen penting diketahui oleh daerah. Terutama  Garut yang mempunyai sister city di negara-negara lain.

    “BKSAP ini penting diketahui oleh daerah. Garut sendiri mempunyai sister city di Jepang, Korea dan Australia. Tentu ini juga bisa diperjuangkan oleh anggota parlemen kita sebagai diplomat yang bisa memperjuangkan melalui departemennya,” kata Rudy Gunawan.

    Bupati garut mengaku, kedatangan BKSAP memberikan motivasi terkait kerja sama di era 4.0 yang sudah tidak bisa dihindarkan.

    “Kedatangan Pak Fadli Zon dan Ibu Mulan memberikan motivasi bagi kami semua bahwa kerja sama di era 4.0 ini sudah tidak bisa dihindarkan. Dunia ini menjadi bagian yang harus diketahui oleh masyarakat, terutama untuk di daerah-daerah,” tutup Rudy.

    (Andian/Bambang)

    Berita Terbaru

    spot_img