Rabu 3 Maret 2021

7 Cara Bahagia Dengan Keluarga Saat Berkemah di Alam Terbuka

BANJAR,FOKUSJabar.id: Cara Bahagia tentu bisa saja dilakukan dimana saja, termasuk berkemah di alam terbuka bersama keluarga. Selain mengasyikan hal tersebut juga bisa  meningkatkan bonding dengan anak, berada di alam bebas terbukti memberi banyak keuntungan bagi fisik dan mental.

Tidak hanya itu, dengan mengisi waktu luang dengan berkemah juga bisa mendatangkan sejumlah manfaat, berikut ulasan yang bisa disimak dari berkemah.

FOKUSJabar.id Cara Bahagia
Ilustrasi ( Web )

1. Lebih aktif

Ketika berkemah kebanyakan orang melakukannya dalam aktivitas luar ruang, semisal dengan mejelajag alam, berenang di danau bersepedah dan lain sebagainya.

Hal ini bisa mendorong anak menjadi lebih aktif dan baik untuk kesehatan fisik.  Tak bisa dipungkiri, sekarang ini anak lebih sering terpapar gawai sehingga membuatnya kurang bergerak.

2. Tidur lebih nyenyak

Semua aktivitas setelah melakukan kesibukan, kegembiraan setelah berkemah bisa mendorong tidur lebih nyenyak, terlebih alam bebas bisa menawarkan udara segar yang mungkin jarang ditemui saat kita dirumah.

BACA JUGA: HUT JNE ke-30, Bahagia Bersama untuk Memberi, Menyantuni dan Menyayangi Sesama

Tidur malam yang lebih baik bisa memberikan sederet manfaat semisal pikiran lebih jelas dan tajam serta pola pikir yang lebih positif.

3. Menurunkan stres

Kegitana di alam bebas juga bisa menurunkan stres karena di suasana tersebut salah satunya ‘meninggalkan’ teknologi untuk sejenak. Dengan tidak memainkan perangkat elektronik saat berkemah di alam terbuka dapat membantu  menjernihkan pikiran dan bisa mendapatkan kenikmatan alam yang luar biasa.

4. Hubungan lebih erat

Hal lainnya dari berkemah dengan menghabiskan waktu bersama keluarga bisa menawarkan kesempatan untuk menjalin ikatan yang tidak terputus. Hubungan akan terbangun menjadi lebih erat karena bisa saling berbagi cerita, saling membantu agar kegiatan kampungnya berjalan lancar serta bisa melakukan hal-hal konyol yang bisa membuat kita merasa bahagia saat melakukan acara tersebut.

5. Lebih peduli dengan alam

Hal terpenting lainnya saat berkemah juga bisa kita dapatkan seperti mengajarkan seseorang agar lebih peduli dengan alam contohnya tidak membuang sampai sembarangan dan menghargai alam.

6. Menciptakan memori

Berkemah juga menciptakan memori untuk keluarga. Di masa mendatang, memori itu akan dikenang sebagai sesuatu yang indah dan sulit terlupa.

7.Mencoba petualangan baru

Terakhir, meluangkan waktu dengan berkemah itu dapat menawarkan petualangan baru untuk anak-anak maupun orang tua, karena disitu banyak keterampilan baru yang bisa dipelajari, semisal menyalakan Api unggun, mendirikan Tenda dan bisa mempelajari apa saja jenis dan macam tumbuhan atau hewan ada di sekitar tempat kita berkemah.

(Budiana Martin)

Artikel Lainnya

7 Cara Bahagia Dengan Keluarga Saat Berkemah di Alam Terbuka 1