Selasa 2 Maret 2021

120 Jurnalis Ikuti Orientasi Kewartawanan dan Keorganisasian PWI Jawa Barat

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Orientasi Kewartawanan Dan Keorganisasian (OKK) 2021 kembali digelar oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Barat. Kegiatan OKK tersebut langsungkan pada 14 – 16 Januari 2021. Yang bertempat di Aula PWI Jawa Barat.

Kegiatan OKK tersebut hanya bisa diikuti oleh wartawan yang berada dibawah naungan perusahaan pers yang sudah mimiliki badan hukum.

Dengan menerapkan protokol kesehatan Kegiatan OKK yang dilaksanakan selama 3 hari berturut turut tersebut disambut antusias oleh para calon anggota PWI muda.

Terlihat dari jumlah anggota yang melebihi kuota yang diberikan oleh PWI Jawa Barat, Peserta OKK tahun ini mencapai 120 orang.

BACA JUGA: 387 Jurnalis Dunia Dipenjara Gegara Beritakan Krisis Corona

Diketahui, sebelumnya hanya 40 peserta yang ditargetkan untuk mengikuti OKK pada tahun ini.

Ketua PWI Jawa Barat Hilman Hidayat mengatakan, kegiatan OKK tersebut merupakan langkah yang dilakukan PWI dalam mewujudkan atau mencetak Jurnalis yang propesional, berkualitas dan . Memahami kode etik jurnalis.

FOKUSJabar.id Jurnalis
Jurnalis Mengikuti Orientasi Kewartawanan dan Keorganisasian di PWI Jawa Barat. (FOKUSJabar/Fauza)

“Setiap wartawan harus memiliki organisasi yang sah. Karena, sangat penting jika terjadi sesuatu terhadap wartawan apalagih yang menyangkut hukum, dalam hal itu organisasi resmi seperti PWI bisa menjadi penengah,” katanya. Sabtu (16/1/2021)

Lebih lanjut Hilaman menjelaskan, bahwa perekrutan anggota muda PWI merupakan langkah yang diambil dalam menyiapkan regenerasi PWI sebagai organisasi yang menampung wartawan.

“Dalam setiap tahunnya jumlah anggota PWI selalu berkurang hal tersebut tak lepas dari beberapa faktor diantaranya ada yang memasuki masa pensiun, dan ada juga yang tutup usia, sehingga dibutuhkan perekrutan anggota PWI muda,” kata dia.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Acara Yayat Tahyan Supiat menerangkan bahwa pandemi Covid-19 mengharuskan semua orang untuk menerapkan protokol kesehatan. Begitu juga dengan Acara ini.

“Tadinya acara perekrutan anggota muda PWI mau diselesaikan dalam satu hari, tapi karena ada saran dari satgas Covid-19 untuk menjaga jarak, yaa jadi kita batasi perharinya hanya 40 orang. Oleh sebab itu acara ini berlangsung selama 3 hari. Kami juga patuh peraturan,” katanya.

Lebih lanjut, Yayat berharap seluruh peserta yang mengikuti kegiatan tersebut Lulus tes dan bisa bergabung dengan PWI.

“Semoga semuanya lulus, dan kedepannya bisa menjadi pengganti dalam mengelola PWI Jabar yang lebih baik dan menciptakan wartawan yang berkualitas,” kata dia.

Untuk diketahui kegiatan OKK akan kembali digelar pada bulan Mei mendatang. Untuk mengakomodasi peserta yang tidak bisa mengikuti OKK pada bulan Januari 2021.

(Fauza/Anthika Asmara)

Artikel Lainnya

120 Jurnalis Ikuti Orientasi Kewartawanan dan Keorganisasian PWI Jawa Barat 1