Jumat 15 Januari 2021

Radiasi Smartphone Terhadap Mata dan Tips Agar Terhindar

BANDUNG, FOKUSJabar.id: Radiasi layar , belakangan ini ramai diperbincangkan tentang bahayanya paparan radiasi pada layar handphone dan komputer terhadap kesehatan mata, terutama terhadap anak-anak.

Dari mulai mata minus tinggi (rabun jauh), kehilangan penglihatan secara permanen (buta), dan masih banyak bahaya yang lainnya seputar paparan radiasi pada smartphone dan komputer.

Baca Juga: Bayi Tertua Lahir Selamat, Usianya Beda 18 Bulan Dengan Sang Ibu

84 % populasi di dunia sudah menggunakan gadget pada tahun 2018. Dengan penggunaan rata rata 2 sampai 4 jam per hari, dan gadget yang sering digunakan yaitu yang pertama, Smartphone kedua Televisi, dan yang ketiga Komputer atau laptop.

Radiasi Layar (Computer Vision Syndrome)

Tapi tahukah kamu ada penyakit mata loh yang diakibatkan karena pengaruh paparan radiasi handphone terhadap mata, namanya Computer Vision Syndrome.

Sekitar 60 juta orang di dunia sudah terkena penyakit Computer Vision Syndrome apakah Anda salah satunya?

Patut diwaspadai, terutama bagi para gamers yang bermain di handphone harus lebih bijak dalam menggunakan smartphone. Pasalnya, paparan sinar handphone sangat berbahaya terhadap kesehatan mata.

Berikut ini gejala gejala yang terjadi jika mata mengalami penyakit Computer Vision Syndrome ; adanya ketegangan mata diikuti dengan iritasi, sensasi mata panas atau terbakar, mata merah, Terkadang akan muncul gejala Dry Eye Syndrome atau mata kering, Blurry Vision (pandangan kabur), Diplopia (pandangan ganda) dan juga sensitif terhadap cahaya.

radiasi layar smartphone
Ilustrasi (Web)

Lalu, bagaimana sih menggunakan handphone yang aman untuk mata kita supaya terhindar dari bahaya penyakit Computer Vision Syndrome? Berikut ini cara yang dapat dilakukan supaya terhindar dari penyakit tersebut.

– Sesuaikan Cahaya dilingkungan sekitar suapaya tidak terlalu gelap dan terang

– Atur jarak gadget dengan mata sekitar 50 sampai dengan 70 cm

– Atur tingkat keceraham atau kontras pada layar gadget

– Gunakan screen filter pada perangkat seperti laptop dan smartphone untuk meredam paparan cahaya yang masuk pada mata

– Batasi penggunaan smartphone dan komputer atau laptop

– lakukan kebiasaan 20-20-20. Apa itu? Setiap 20 menit lihat lingkungan sekitar yang berjarak 20 kaki atau 6 meter selama 20 detik. Kenapa 20 detik? Karna dalam 20 detik mata sudah Cukup untuk melakukan relaksasi.

– Jika mata mulai terasa kering gunakan obat tetes air mata buatan atau Artificial Tears yang banyak dijumpai di minimarket.

– Segera obati penyakit mata lain yang dialami seperti rabun jauh, rabun dekat dan mata silinder.

Jika sudah melakukan tips tips diatas tetapi masih memiliki keluhan, sangat disarankan untuk menghubungi Dokter spesialis mata yang ada di rumah sakit atau klinik yang ada disekitar.

Nah, itulah penjelasan mengenai bahayanya Radiasi smartphone terhadap kesehatan mata dan seputar tips agar terhindar dari penyakit Computer Vision Syndrome.

(Fauza/Erwin) Berbagai Sumber

Artikel Lainnya

Radiasi Smartphone Terhadap Mata dan Tips Agar Terhindar 1
Radiasi Smartphone Terhadap Mata dan Tips Agar Terhindar 2