Senin 18 Januari 2021

Cegah Penyebaran Covid-19, Tetap Gunakan Masker di Rumah Makan

CIAMIS,FOKUSJabar.id: Mencegah penyebaran Covid-19 pengunjung rumah makan dan restoran harus tetap menggunakan masker hingga makanan siap saji.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Jabar dr. Eka Mulyana mengatakan, karena ada informasi terbaru penyebaran Covid-19 bisa melalui droplet yang dilekuarkan dari nafas orang yang berdekatan dengan orang lain, sehingga penggunaan masker harus dijaga sekalipun di rumah makan atau restoran.

“Melalui percikan air liur saat berbicara virus Corona bisa menyebar kemana-mana, ” katanya. Selasa (1/12/2020).

BACA JUGA: Kota Bandung Kembali Berstatus Zona Merah Penyebaran Covid-19

Eka menuturkan, untuk menghindari penyebaran Covid-19 melalui droplet saat berada dirumah makan maka penggunaan masker harus tetap dipakai walaupun akan makan  sekalipun.

“Kalau pedagangnya atau pelayan tidak menggunakan masker saat menyiapkan makanan pesanan kita tidak menutup kemungkinan ada penyebaran virus disana, ” katanya.

Kemudian untuk menghindari adanya penyebaran virus Corona saat kita berada dirumah makan seandainya pemilik rumah makan atau karyawanya tidak menggunakan masker berikan masker agar mereka paham protokel kesehatan.

“Sambil ibadah memberikan masker kepada pedagang kesehatan diri kita juga terjaga, ” kata dia.

Eka menjelaskan, masker bisa dilepas saat berada dirumah makan setelah makanan yang  dipesan sudah berada di meja pemesan.

“Kalau makanan sudah dimeja kita baru masker dilepas dan setelah selasai makan masker secepatnya dipakai lagi, ” kata dia.

Eka menambahkan, setelah selesai makan masker kembali harus dipakai setelah itu langsung cuci tangan dengan menggunakan sabun di air yang mengalir.

“Saat makan pun harus tetap jaga jarak dengan pengunjung lain dimana kita makan itu, ” kata Eka.

(Husen Maharaja/Anthika Asmara)

Artikel Lainnya

Cegah Penyebaran Covid-19, Tetap Gunakan Masker di Rumah Makan 1
Cegah Penyebaran Covid-19, Tetap Gunakan Masker di Rumah Makan 2