spot_img
Jumat 19 April 2024
spot_img
More

    4 Cara Menjaga Kulit Agar tak Mudah Berkerut

    BANJAR,FOKUSJabar.id: Sesuai berlangsungnya waktu, hal yang tidak dapat dihindari salah satunya penuaan. Efek penuaan salah satunya adalah kerutan kulit di bagian wajah sehingga sering kali membuat menurunnya kepercayaan diri seseorang karena penampilan yang tidak menarik.

    Dalam mencegah supaya tidak timbul kerutan sejak dini, ada beberapa hal yang perlu dilakukan. Penyebab kerutan wajah terjadi karena berkurangnya jumlah dan fungsi serat kolagen dan elastin yang berfungsi untuk membuat kulit menjadi kenyal.

    Baca Juga: 2 Nelayan Ditemukan Selamat, Bupati Garut: Ini Mukjizat

    Penurunan jumlah dan fungsi ini diperngaruhi oleh tingkat usia, warna kulit, lamanya terpapar sinar matahari, rokok, polusi, ekspresi wajah dan cairan untuk kulit.

    Mencegah kerutan wajah, Anda dapat mencegah timbulnya kerutan pada wajah dengan melakukan langkah-langkah ini:

    1. Konsumsi Makanan dan Minuman Bernutrisi, apa yang kita makan dan minum berpengaruh pada penampilan. Protein, vitamin, mineral dan zat antioksidan (vitamin A, C, E, Selenium, Zinc, Glutation) merupakan zat yang dibutuhkan untuk perbaikan jaringan kulit termasuk kolagen dan epidermis.

    Mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi tersebut sangat dianjurkan agar kebutuhan nutrisi terpenuhi. Semakin banyak kandungan air akan membuat semakin kenyal dan akan mempermudah meperbaiki diri djika ibandingkan dengan yang kering.

    Untuk menjaga kelembapan kulit, dapat dipenuhi dengan mengkonsumsi air putih sesuai kebutuhan.

    1. Olahraga dan Aktivitas Fisik

    Olahraga dan aktivitas fisik yang melatih kinerja jantung membantu mencegah terjadinya keriput. Alasannya adalah kerja jantung yang baik akan membuat peredaran darah ke seluruh tubuh menjadi lancar, hasilnya kebutuhan oksigen untuk seluruh jaringan tubuh terpenuhi.

    Jika jaringan tercukupi kebutuhan oksigennya, maka proses perbaikan sel menjadi lebih maksimal sehingga kulit akan terlihat muda.

    3.Cukup Tidur

    Waktu tidur malam adalah periode terbaik untuk penyembuhan dan perbaikan sel yang rusak. Durasi tidur selama 7-8 jam sehari adalah jumlah yang ideal untuk menjaga tetap sehat. Kurang tidur akan membuat terlihat kasar dan kusam.

    Jika berlangsung terus-menerus, perbaikan sel akan terhambat dan meninggalkan kerut sebagai hasilnya.

    4.Gunakan Tabir Surya

    Sinar matahari dalam jumlah berlebih merupakan musuh bagi kulit. Beberapa efek negatif dari paparan sinar matahari adalah merusak serat-serat kolagen dan elastin, membuat penumpukan kulit mati dan penumpukan pigmen. Untuk mencegah kerusakan akibat sinar matahari, Anda bisa menggunakan tabir surya untuk melindungi wajah.

    Tabir surya bisa diaplikasikan tidak hanya pada kulit, tetapi juga pada area tubuh lain yang sering terpapar sinar matahari seperti leher, lengan dan tungkai. Tingkat SPF dan UPF yang tinggi diperlukan untuk perlindungan di iklim tropis serta menentukan tabir surya yang tepat.

    Maka jika ingin tetap berpenampilan cantik, anda perlu menjadikan ritualmenjadi bagian keseharian kita dalam beraktivitas untuk jangka panjang.

    Misalnya dengan menjaga kebersihan atau menggunakan krim yang cocok untuk mengurangi kerusakan atau kerutan yang mengganggu penampilan Anda.

    Namun, perlu diingat bahwa menjaga kulit tidak hanya dari luar tetapi juga dari dalam tubuh dan menjaga pikiran tetap positif.

    (Budiana/Bambang)

    Berita Terbaru

    spot_img