spot_img
Sabtu 27 April 2024
spot_img
More

    Simak Yuk! 5 Protokol Kesehatan Menurut WHO

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Protokol Kesehatan Menurut WHO harus menjadi perhatian seluruh masyarakat meningat jumlah kasus dari Covid 19 tembus hingga 38 juta di seluruh dunia menurut Worldometers. 

    Oleh karena itu, meskipun telah memasuki masa new normal, protokol kesehatan pun semakin diperketat. Bagi anda yang belum mengetahui apa saja aturan kesehatan menurut WHO, anda bisa menyimak ulasannya berikut ini.

    Pedoman Baru Protokol Kesehatan Menurut WHO

    1. Melakukan Gerakan Social Distancing

    Protokol Kesehatan menurut WHO
    Ilustrasi (Web)

    Bagi anda yang memiliki segudang aktivitas di luar ruangan, maka social distancing menjadi salah satu hal yang perlu anda lakukan. Hal ini bertujuan untuk menghindari paparan virus yang dapat disebarkan melalui orang ke orang lain. Untuk itu, WHO yang merupakan badan organisasi kesehatan di dunia menerapkan untuk menjaga jarak minimal 1 meter. Dengan penerapan ini diharapkan masyarakat tidak berkerumun atau bergerombol.

    Melakukan gerakan social distancing dapat bermanfaat apabila ternyata orang tersebut memiliki gejala yang mengarah ke gangguan pernafasan. Sehingga, nantinya ketika menerapkan protokol kesehatan menurut WHO ini, anda bisa terhindari dari virus yang berbahaya tersebut. Dengan menjaga jarak diharapkan mampu untuk meminimalisir tertularnya virus yang dapat menyebar dari manusia ke manusia tersebut.

    2. Memakai Masker

    Protokol Kesehatan Menurut WHO
    Ilustrasi (Web)

    Masker menjadi benda wajib yang harus anda gunakan ketika sedang berada di luar ruangan. Meskipun awalnya, masker hanya digunakan untuk orang yang mengalami gangguan pernafasan saja, akan tetapi saat ini semua orang diwajibkan untuk memakai masker. Oleh sebab itu, bagi anda yang masih sering melakukan banyak aktifitas di luar ruangan, wajib hukumnya untuk memakai masker.

    Apabila anda menggunakan masker dengan jenis bedah atau medis, maka setelah satu kali digunakan sebaiknya harus segera diganti. Anda juga perlu untuk membuang masker di tempat sampah yang tertutup dan wajib mencuci tangan setelahnya. Selain itu, karena jumlah masker medis yang terbatas, aturan kesehatan menurut WHO pun menganjurkan untuk menggunakan masker non medis saja. Sehingga, masker medis lebih digunakan untuk mereka yang butuh.

    3. Menerapkan Etika Batuk dan Bersin

    Kesehatan Menurut WHO
    Ilustrasi (Web)

    Virus yang ada di dalam tubuh, juga bisa dikeluarkan ketika anda sedang batuk dan bersin. Untuk itu, di masa pandemi yang serba mengkhawatirkan ini sebaiknya anda menerapkan aturan kesehatan dan etika yang benar ketika ingin bersin dan batuk. Terutama ketika anda sedang berada di tempat umum. Pasalnya, apabila virus tersebut terpapar ke orang lain, maka orang tersebut akan bisa terinfeksi virus yang berasal dari bersin dan batuk.

    Terlepas dari apakah anda menderita virus corona atau tidak, sebaiknya mulai sekarang anda menerapkan etika batuk dan bersin yang benar. Hal yang perlu anda lakukan adalah dengan menutup bagian mulut dan hidung menggunakan lengan baju bagian dalam. Pasalnya, bagian dalam tersebut akan mampu untuk menutup hidung dengan lebih optimal. Bagian lengan tersebut juga tidak digunakan untuk menyentuh wajah, sehingga cukup aman.

    4. Hindari Menyentuh Wajah

    protokol kesehatan menurut WHO
    Ilustrasi (Web)

    Protokol kesehatan menurut WHO selanjutnya adalah dengan menghindari menyentuh area wajah. Hal ini dikarenakan ketika kondisi tangan anda masih dalam keadaan belum bersih, maka akan terdapat kuman, bakteri maupun virus yang masih bersarang. Oleh sebab itu, sebisa mungkin anda menghindari untuk menyentuh bagian wajah terlebih pada mulut, hidung dan juga mata.

    Apabila tangan yang kotor tersebut menyentuh area wajah, maka virus akan lebih mudah untuk masuk ke dalam tubuh. Untuk itu, ketika anda ingin menyentuh wajah usahakan untuk mencuci tangan terlebih dahulu. Atau anda juga bisa menggunakan benda lainnya seperti dengan memakai tisu ataupun handuk. Sehingga, anda bisa terjaga dari penularan virus satu ini. Hal ini yang sering luput dari perhatian padahal merupukan protokol kesehatan menurut WHO.

    BACA JUGA: WHO Keluarkan Panduan Pelaksanaan Perayaan Idul Adha Ditengah Covid-19

    5. Rutin Mencuci Tangan dan Memakai Hand Sanitizer

    protokol kesahatan menurut WHO
    Ilustrasi (Web)

    Persebaran virus corona melalui sentuhan fisik, tentu saja membuat anda harus memastikan kondisi tangan agar tetap bersih. Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menjaga kebersihan pada area tangan seseuai dengan protokol kesehatan menurut WHO. Pertama, anda bisa rutin mencuci tangan menggunakan sabun dan air yang mengalir, terutama setelah anda melakukan aktivitas di luar ruangan. Tak berhenti disitu saja, sebelum mengkonsumsi makanan dan menyentuh area wajah, anda juga perlu cuci tangan.

    Apabila anda berada di tempat yang tidak memungkinkan untuk mencuci tangan, maka usahakan untuk selalu membawa hand sanitizer. Pasalnya, benda tersebut dapat berfungsi untuk membunuh virus dan bakteri yang ada di tangan. Oleh sebab itu, apabila anda ingin terhindar dari virus corona, sebaiknya mematuhi protokol kesehatan menurut WHO ini.

    Protokol kesehatan menurut WHO dapat anda lakukan sebagai bentuk antisipasi agar tidak tertular virus yang mematikan ini. dengan menerapkan berbagai macam protokol kesehatan yang telah dibuat oleh WHO, maka anda berperan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. Sehingga, angka penyebaran virus satu ini pun dapat ditekan dengan menerapkan pola hidup yang bersih dan sehat.

    BACA JUGA: Swab Tes di Jabar Lampaui Standar WHO

    (Anthika Asmara) 

    Berita Terbaru

    spot_img