Sabtu 24 Oktober 2020

Pasar Kreatif Bandung Berhasil Raup Omzet Rp1,4 Milyar

BANDUNG,FOKUSJabar.co.id: Pasar Kreatif Bandung yang digagas Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung mampu meraup omzet Rp1,4 milyar lebih. Target yang dicanangkan yakni Rp3 milyar.

Pasar Kreatif Bandung merupkana upaya Pemerintah Kota Bandung melalui Disdagin dengan menghadirkan 208 pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk menunjukan usahanya. Pasar kreatif ini diharapkan dapat mendorong pemulihan ekonomi di masa pandemi Covid-19.

Kepala Disdagin Kota Bandung Elly Wasliah mengatakan, kegiatan Pasar Kreatif Bandung bekerjasama dengan Deskranasda Kota Bandung dan dilaksanakan di 9 mal di Kota Bandung dengan melibatkan pelaku usaha fesyen aksesoris.

“Omzet di tujuh mal, Alhamdulillah berdasarkan data Rp1,4 milyar,” ujar Elly saat meninjau Pasar Kreatif Bandung di Festival Citylink, Jalan Peta Kota Bandung, Jabar, Kamis (15/10/2020).

fokusjabar.id Pasar Kreatif Bandung Disdagin
Salah seorang warga saat memilih produk di Pasar Kreatif Bandung. (FOTO: Yususf Mugni)

BACA JUGA: Bank bjb Raih Penghargaan Top GRC 2020

Angka tersebut, lanjut dia, bisa bertambah karena kegiatan serupa akan dilaksanakan pada dua mal lainnya bagi para pelaku usaha fesyen, aksesoris, souvenir, dan merchandise. Sementara pelaku usaha di bidang kuliner belum dilakukan.

Selain itu, pihaknya mengimbau ratusan pelaku usaha untuk meningkatkan pemasaran penjualan secara online agar perekonomian terjaga. “Berbagai kegiatan kita lakukan untuk menjaga perekonomian masyarakat,” kata dia.

Sementara Kepala Deskranasda Kota Bandung Siti Muntamah (Umi) mengatakan, Pasar Kreatif Bandung merupakan upaya meningkatkan perekonomian masyarakat yang menurun sejak pandemi Covid-19.

fokusjabar.id Pasar Kreatif Bandung Disdagin
Memilih fesyen di salah satu Pasar Kreatif Bandung. (FOTO: Yusuf Mugni)

Dalam pelaksanaannya, Pasar Kreatif Bandung selalu menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

“Kami juga berupaya meningkatkan pemasaran pelaku usaha dengan mengadakan pelatihan marketplace atau untuk online,” kata Umi.

Pasar kreatif ini dimulai sejak awal September lalu dan akan berakhir pada Oktober. Setiap mal mengadakan pasar kreatif dengan jadwal yang berbeda-beda.

Mal atau pusat perbelanjaan yang terlibat dalam pasar kreatif tersebut antara lain Paris Van Java (4-13 September), Bandung Electronik Center (4-13 September), 23 Paskal Shopping Center (11-20 September), Trans Studio Mall (11-20 September), Istana Plaza (18-27 September), Bandung Indah Plaza (25 September-4 Oktober), Kings Shopping Center (2-11 Oktober), Festival City Link (9-18 Oktober) dan terakhir Cihampelas Walk (16-25 Oktober).

(Yusuf Mugni/Ageng)

Artikel Lainnya

Di Pangandaran, LPG 3 Kg Langka dan Mahal

PANGANDARAN,FOKUSJabar.id: Sejak beberpaka pekan terakhir ini keberadaan Liquefied Petroleum...

BPBD: Warga Pangandaran Diminta Waspada Bencana

PANGANDARAN,FOKUSJabar.id: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pangandaran Jabar mengimbau kepada warga yang tinggal di daerah rawan bencana banjir dan longsor untuk lebih waspada...

Cerita Wanita Tangguh Pemecah Batu di Kota Banjar

BANJAR,FOKUSJabar.id: Suara martil beradu dengan batu yang saling bersautan, terdengar tidak beraturan dengan notasi yang berbeda-beda menjadi bunyi yang tak asing di salah satu...

Kanal TV Bandung 132 Jangan Jadi Lahan Bisnis Decoder

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Kanal TV berbasis satelit Bandung 132 sebagai alternatif media pembelajaran jarak jauh (PJJ) banyak dikeluhkan. Seperti diketahui, Kanal tersebut menayangkan program Padaringan (Pembelajaran...

Prung Clohting Hadirkan Fashion Sepak Bola Casual

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Fashion sepak bola di Kota Bandung memiliki ciri khas sendiri berbeda dengan fashion di kota lain, terlebih Kota Kembang ini merupakan kota center...

KPK Panggil 4 Saksi Kasus Dugaan Korupsi di PUPRPKP Kota Banjar

BANJAR,FOKUSJabar.id: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil sejumlah saksi dalam perkara dugaan tindak pidana korupsi (TPK) suap terkait proyek infrastruktur pada Dinas PUPRPKP Kota Banjar,...

Terkait ‎Lanjutan Liga 1 2020, Bek Persib Minta PSSI dan PT LIB Beri Kepastian

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Hingga saat ini, kelanjutan kompetisi sepak bola Liga 1 2020 masih belum ada kejelasan dari PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebagai...