spot_img
Kamis 25 April 2024
spot_img
More

    Wakil Wali Kota Bandung Minta Harga Swab Lebih Terjangkau

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana meminta harga swab test bisa lebih terjangkau. Bahkan jika memungkinkan, tarifnya di bawah harga Rp900 ribu, seperti yang telah ditetapkan pemerintah pusat.

    “Itu kan batas atas Rp900 ribu. Kalau memang bisa di bawah itu, ya mudah-mudahan bisa mempercepat tes masif kepada masyarakat,” kata Yana di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Jalan Gedebage Kota Bandung, Jabar (14/10/2020).

    Dengan begitu, pusat kesehatan bisa menyediakan alat tes sehingga masyarakat bisa memeriksakan diri secara mandiri. Tidak hanya itu, Yana pun menekankan agar klinik tidak menetapkan harga swab test di atas ketentuan pemerintah pusat.

    BACA JUGA: Harga Swab Covid-19 di Banjar 45 Menit

    “Dinas Kesehatan nanti menegur, karena regulasinya sudah jelas. Mungkin ada sanksi dari dinas,” kata Yana.

    Untuk diketahui, Keputusan Kemenkes melalui Surat Edaran Nomor HK. 02.02/1/3713/2020 yang dikeluarkan pada 5 Oktober 2020, itu dilakukan agar bisa mengontrol serta menanggulangi perbedaan harga di labolatorium secara nasional.

    Penetapan harga swab test itu telah ditetapkan bersama Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKB) dan telah mempertimbangkan berbagai macam komponen, seperti jasa pelayanan, komponen bahan habis pakai atau reagen, komponen biaya administrasi dan beberapa komponen hukum lainnya.

    (Yusuf Mugni/Olin)

    Berita Terbaru

    spot_img