Rabu 21 Oktober 2020

Di Banjar, 1 Rumah Rusak Tertimpa Pohon

BANJAR,FOKUSJabar.id: Rumah milik Mak Entin (62) warga Desa Binangun, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, Jabar rusak tertimpa pohon saat hujan yang disertai angin besar, Rabu (14/10/2020) sekitar pukul 08.00 WIB.

Hasil pantauan di lapangan, rumah tersebut saat ini sedang mendapat penanganan dari tim satuan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjar.

Pemilik rumah, Entin mengaku kaget saat kejadian pohon menimpa rumah miliknya.

Baca Juga: Miris, Satu Keluarga di Ciamis Tinggal di Kandang Ayam

“Awalnya terdengar suara keras dari belakang, setelah dilihat keluar ternyata suara tersebut berasal dari pohon yang menimpa atap rumah saya,” katanya saat ditemui di lokasi kejadian, Rabu (14/10/2020).

banjar fokusjabar.id
Kondisi rumah tertimpa pohon tumbang (foto Budiana)

Pihaknya pun meminta pertolongan kepada tim satuan BPBD Kota Banjar untuk menangani kondisi rumah yang bagian atapnya rusak tertimpa pohon tumbang.

“Saya langsung minta bantuan pada tetangga yang kemudian langsung menghubungi BPBD setempat, kata dia.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Banjar, Dedi Suardi melalui tim satuan petugas, Johan mengatakan, pihaknya langsung mengevakuasinya saat menerima laporan rumah.

“Kami langsung tinjau lokasi saat mendapat laporan untuk menangani kondisi pohon yang masih menimpa rumah tersebut,” katanya.

Johan mengatakan, pohon tersebut tumbang karena hujan deras yang disertai angin. Diduga akar pohon tersebut tidak kuat menahan terpaan angin.

“Pohon ini akarnya sudah tidak kuat setelah diterjang hujan dan anginkencang sehingga tumbang dan menimpa rumah warga,” pungkasnya.

Tidak ada korban dalam kejadian pohon yang menimpa rumah warga tersebut. Namun kerugian ditaksir menjapai jutaan rupiah.

(Budiana/Bambang)

Artikel Lainnya

Tekuk Inter 1-2, AC Milan Pemenang Derby della Madonnina Edisi 137

ITALIA,FOKUSJabar.id: AC Milan menjadi pemenang dalam Derby della Madonnina...

Debitur Kredit bjb Mesra di Bogor Dibekali Pelatihan

BOGOR,FOKUSJabar.id: Calon debitur Kredit bjb Masyarakat Ekonomi Sejahtera (Mesra) mendapatkan bantuan pemberdayaan berupa pelatihan untuk meningkatkan keterampilan usaha di Majelis Taklim Miftahul Ummah, Kecamatan...

Komunitas Ciamis Galang Dana dan Sosialisasi Prokes

CIAMIS,FOKUSJabar.id: Peduli korban banjir dan longsor Tasikmalaya, sejumlah komunitas yang tergabung dalam Kobgab Lintas Komunitas Ciamis melakukan aksi penggalangan dana. Selain aksi penggalangan dana, puluhan...

Manfaat dan 5 Jenis Bunga Melati untuk Kesehatan

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Melati merupakan tanaman bunga hias berupa perdu berbatang tegak yang hidup menahun genus dari semak dan tanaman merambat dalam keluarga zaitun (Oleaceae). Tanaman ini terdiri...

Senyawa Ekstrak Kulit Manggis Berpotensi Tangkal Covid-19

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Ekstrak kulit manggis ternyata memiliki potensi untuk menangkal Covid-19. Hal itu berdasarkan penelitian yang dilakukan dosen dan mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran (Unpad)...

NPCI Jabar Gelar Seminar Peningkatan Kualitas Tenaga Olah Raga Disabilitas

BANDUNG,FOKUSJabar.id: National Paralympic Committe Of Indonesia (NPCI) Provinsi Jawa Barat terus berupaya meningkatkan kualitas tenaga olahraga disabilitas. Salah satunya dengan menggelar kegiatan Seminar dan...

PPDI Pangandaran Tuntut Pemerintah Agar Tempat Waktu Bayar Siltap

 PANGANDARAN,FOKUSJabar.id: Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kabupaten Pangandaran memiliki tuntutan kepada pemerintah pada Harlah ke 7 tahun ini yang jatuh pada Senin (19/10/2020) Tuntutan pertama...