spot_img
Kamis 2 Mei 2024
spot_img
More

    EPL 2020/21: Leeds vs City, Pembuktian Pep Guardiola

    INGGRIS,FOKUSJabar.id: Laga lanjutan Liga Premier Inggris (EPL) pada Sabtu (3/10/2020) malam ini akan mempertemukan Leeds United kontra Manchester City di Stadion Elland Road. Kick off akan dimulai pukul 23.30 WIB dan disiarkan secara langsung oleh Mola TV.

    Dilansir dari laman resmi EPL, pertemuan kedua tim di kancah sepak bola Inggris sendiri bukan sesuatu hal yang asing. Sebelumnya, Manchester City dan Leeds United sudah bertemu di berbagai laga sebanyak 106 kali.

    The Citizens memiliki rekor yang lebih baik dengan memenangkan 45 pertandingan, ketimbang The Whites yang memenangkan 42 laga. Sisanya, yakni 17 laga berakhir dengan skor imbang. Terakhir kali keduanya bertemu pada ajang Piala FA 2013. Saat itu, City menang dengan skor 4-0.

    Namun di kancah EPL, terakhir kali keduanya bertanding pada Maret 2004, tak lama sebelum Leeds terdegradasi. Dari lima pertemuan terakhir kedua tim di EPL, Leeds memiliki catatan lebih baik dengan tiga kali menang, satu kali seri, dan satu kali kalah atas The Citizens.

    5 Laga Terakhir Leeds United vs Manchester City di EPL
    Senin (22/3/2004) : Leeds United 2-1 Manchester City
    Senin (22/12/2003) : Manchester City 1-1 Leeds United
    Sabtu (11/1/2003) : Manchester City 2-1 Leeds United
    Sabtu (17/8/2002) : Leeds United 3-0 Manchester City
    Sabtu (13/1/2001) : Manchester City 0-4 Leeds United

    BACA JUGA: Liverpool Tanpa Sadio Mane Saat Tandang ke Aston Villa

    Tak hanya itu, The Whites pun memiliki catatan yang lebih baik dibanding The Citizens di EPL musim 2020/2021. Leeds mengantongi poin enam dan bertengger di posisi ketujuh klasemen sementara City di peringkat 13.

    Pada laga kali ini, Leeds pun akan mengejar kemenangan ketiga kalinya secara beruntun di EPL musim 2020/2021 usai di laga terakhir meraih kemenangan atas Sheffield United dengan skor tipis 1-0. Sedangkan City, sedang berupaya bangkit usai dipermalukan Leicester City di Etihad dengan skor 2-5.

    5 Laga Terakhir Leeds United
    1-0 v Sheffield Utd
    4-3 v Fulham
    3-4 v Liverpool
    0-1 v Chelsea
    3-3 v Charlton

    5 Laga Terakhir Manchester City
    2-5 v Leicester
    3-1 v Wolves
    5-0 v Norwich
    4-0 v Watford
    2-1 v Bournemouth

    fokusjabar.id epl manchester city leeds united
    (FOTO: WEB)

    Saat keduanya bertemu pada malam nanti di Elland Road, Leeds United maupun Manchester City dipastikan tidak akan diperkuat beberapa pemain inti mereka.

    Di kubu tuan rumah, Pablo Hernandez, Gaetano Berardi, Kiko Casilla, Adam Forshaw, dan Jack Harrison tidak bisa memperkuat Leeds United.

    Jack Harrison yang merupakan pemain pinjaman dari City, kemungkinan besar akan digantikan posisinya oleh Ezgjan Alioski.

    Sementara Manchester City tidak akan diperkuat John Stones, Sergio Aguero, Joao Cancelo, dan Gabriel Jesus. Termasuk Ilkay Guendogan yang sedang menjalani masa isolasi pemulihan Covid-19 dan posisinya kemungkinan akan digantikan rekrutan anyar Ruben Dias sebagai laga debutnya.

    Terlepas dari statistik serta komposisi pemain yang akan diturunkan, duel Leeds United kontra Manchester City pun akan menjadi pertemuan kedua pelatih yang saling menghormati. Secara terang-terangan, Pep Guardiola yang kini menjadi pelatih The Citizens mengaku jika pelatih Leeds United, Marcelo Bielsa sebagai idolanya.

    “Dia (Bielsa) salah satu referensi saya menjalani profesi sebagai pelatih. Dia mungkin orang yang paling saya kagumi di dunia sepak bola, sebagai manajer dan sebagai pribadi,” ujar Guardiola dilansir Marca, Sabtu (3/10/2020).

    Tak hanya itu, mantan pemain dan pelatih Barcelona ini pun menyebut Bielsa sebagai pelatih unik dan tidak bisa ditiru oleh pelatih manapun. Bielsa pun telah membuktikan kualitasnya dengan membawa Leeds United kembali berkiprah di kasta utama kompetisi sepakbola di Inggris.

    “Saya memang jarang bertemu dengan dia, namun akan sangat senang menghabiskan waktu bersamanya. Dia selalu menginspirasi,” kata Guardiola.

    Pertemuan kedua pelatih pada malam nanti, akan menjadi pertemuan keempat mereka dalam sebuah laga resmi di semua kompetisi. Tiga pertemuan sebelumnya yakni saat Guardiola melatih Barcelona dan Bielsa menangani Athletic Bilbao pada musim 2011/2012. Hingga saat ini, Guardiola tidak pernah terkalahkan oleh idolanya tersebut dengan catatan dua kemenangan dan satu kali draw.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img