Sabtu 17 Oktober 2020

Ini Cara Jadikan BBQ Lebih Enak dan Sehat

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Siapa yang tak suka pesta barbeku (BBQ), kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan pada musim apapun. Saat Hari Raya Qurban, tahun baru, perayaan kelulusan, hingga saat bersantai bersama teman.

Bagian terbaik dari pesta BBQ ini adalah memanggang yang menjadi salah satu cara memasak paling sehat.

BACA JUGA: Duh, 5 Jenis Makanan Enak Ini Bisa Sebabkan Sembelit

Untuk menjadikannya lebih enak dan sehat, berikut tips yang dikutip dari Beautynesia.id

1. Pilih protein yang berkualitas
Semakin berkualitas protein yang kamu pilih, BBQ yang dihidangkan pun akan lebih enak dan sehat. Protein yang berkualitas berarti hanya perlu sedikit waktu untuk memasak.
Hindari varietas olahan seperti hotdog, sosis, dan daging apapun dengan bahan pengawet yang berpotensi menyebabkan kanker.

fokusjabar.id bbq sehat enak
Dada ayam fillet tanpa kulit. (FOTO: WEB)

Ikan, dada ayam tanpa kulit, dan unggas giling tanpa lemak mejadi pilihan yang lebih sehat. Lemak baik pada ikan seperti salmon dan trout pun memiliki manfaat bagi kesehatan.
Marinated fish fillet yang dibungkus alumunium foil, kebab ayam warna-warni, atau burger kalkun pun bisa menjadi pilihan. Jika mau memakai daging sapi, pilih potongan loin (bulat) dan jenis USDA Choice atau USDA Select.

2. Porsi tidak berlebih
Batasi porsi daging yang kamu gunakan dan imbangi dengan sayuran warna-warni. Porsi sehat dari semua jenis daging adalah sekitar 3 ons dan tidak lebih dari 6 ons.

fokusjabar.id bbq enak sehat
(FOTO: WEB)

Jika tampak sedikit, ingat masih ada banyak menu pendamping yang bisa kamu tambahkan. Yakni beragam sayuran segar.

3. Marinasi
Bahan bumbu perasa tentunya menentukan BBQ lebih enak dan sehat. Sebelum dipanggang, daging akan lebih sedap jika direndam dalam larutan bumbu tertentu atau lebih dikenal dengan istilah marinasi atau marinade.

fokusjabar.id bbq enak sehat
Marinasi daging sapi. (FOTO: WEB)

Minyak terbaik untuk digunakan yaitu melted coconut oil, avocado oil, atau ghee (minyak samin). Berikut beberapa campuran sehat yang bisa dicoba untuk proses marinasi, seperti yang disarankan nutrisionis Amelia Freer dalam tulisannya di Get The Gloss.

– air lemon, bawang putih, minyak zaitun, dan rosemary
– minyak kelapa, bawang putih, cabai, dan jeruk nipis
– mustard, madu, dan minyak zaitun
– minyak kelapa, serai, dan jahe
– kunyit, jintan, paprika, bawang putih, lemon, dan minyak

4. Tidak terlalu lama memanggang
Daging yang dipanggang dalam waktu lama dapat menimbulkan produksi karsinogen. Karsinogen yang meningkat ini dapat menyebabkan penyakit kanker.

fokusjabar.id bbq enak sehat
(FOTO: WEB)

Karena itu, tak perlu memanggang daging lama-lama. Upayakan menghindari daging gosong dan jangan makan bagian yang hitam atau coklat.

5. Panggang buah untuk pencuci mulut
Sejumlah makanan nabati mengandung polifenol telah terbukti menghambat pembentukan senyawa HCA selama proses memasak atau memanggang. Senyawa HCA merupakan senyawa kimia berbahaya yang bisa membuat sel tubuh berubah sampai mengalami mutasi DNA. Kondisi tersebut bisa jadi biang kanker.

fokusjabar.id bbq enak sehat
Aneka buah panggang bisa menjadi pilihan untuk cuci mulut. (FOTO: WEB)

Tak hanya itu, gula alami dalam buah-buahan akan menjadi karamel dalam panas yang tinggi, memberikan rasa dan rasa manis yang ekstra. Cobalah irisan apel, pir, nanas, pisang, persik, atau plum yang dibelah dua. Ceri, plum kering, dan apel pun baik jika ditambahkan ke dalam burger atau kebab.

Berikut lima tips agar BBQ Anda lebih enak dan tentu saja sehat. Selamat mencoba.

(Ageng)

Artikel Lainnya

2 Nelayan Hilang saat Melaut, Istri Bupati Garut Kunjungi Keluarga Korban

GARUT,FOKUSJabar.id: Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Nasional Demokrat...

Robert Alberts Prediksi Liga 1 2020 Digelar Januari 2021

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pelatih Persib, Robert Rene Alberts menilai sangat tipis kompetisi Liga 1 2020 bergulir November atau Desember 2020. Kemungkinan besar, kompetisi sepak bola kasta...

Gratis untuk UMKM! Webinar bank bjb Bagikan Tips Ubah Status Jadi Fulus

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Bank bjb menggelar dalam webinar Bincang Jumat Bisnis Online soal pemasaran dengan pemanfaatan status agarmendatangkan potensi pembeli. acara tersebut akan dilaksanakan melalui aplikasi ZOOM...

Mahasiswa Unsil Tasikmalaya Minta Cabut UU Omnibus Law

TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Ratusan Mahasiswa Universitas Siliwangi (Unsil) bersama buruh dan masyarakat Tasikmalaya gelar aksi demo menolak UU Omnibus Law Cipta Kerja (Ciptaker), Minggu (11/10/2020). Mereka long...

Lagi, Kasus Covid-19 di Banjar Bertambah

BANJAR, FOKUSJabar.id: Pasien sembuh positif Covid-19 di Kota Banjar, Jawa Barat terus meningkat dalam sepekan terakhir. Kendati begitu, penambahan kasus positfi Corona masih terjadi....

Pilpres AS, Donald Trump Klaim Dirinya Kebal Covid 19

AMERIKA SERIKAT,FOKUSJabar.id: Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengkalim bahwa dirinya kebal terhadap Covid-19, Senin (12/10/2020). "Sepertinya saya kebal, saya tidak tahu, mungkin lama dan...

Beli Produk Modena Bisa Pakai Desain Sendiri

JAKARTA,FOKUSJabar.id: Modena meluncurkan program ME by Modena dengan konsep personalisasi (kustomisasi). Program yang dibuat pertama kali di Indonesia dalam industri home appliance ini memberikan...