spot_img
Rabu 17 April 2024
spot_img
More

    Ini Cara Jadikan BBQ Lebih Enak dan Sehat

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Siapa yang tak suka pesta barbeku (BBQ), kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan pada musim apapun. Saat Hari Raya Qurban, tahun baru, perayaan kelulusan, hingga saat bersantai bersama teman.

    Bagian terbaik dari pesta BBQ ini adalah memanggang yang menjadi salah satu cara memasak paling sehat.

    BACA JUGA: Duh, 5 Jenis Makanan Enak Ini Bisa Sebabkan Sembelit

    Untuk menjadikannya lebih enak dan sehat, berikut tips yang dikutip dari Beautynesia.id

    1. Pilih protein yang berkualitas
    Semakin berkualitas protein yang kamu pilih, BBQ yang dihidangkan pun akan lebih enak dan sehat. Protein yang berkualitas berarti hanya perlu sedikit waktu untuk memasak.
    Hindari varietas olahan seperti hotdog, sosis, dan daging apapun dengan bahan pengawet yang berpotensi menyebabkan kanker.

    fokusjabar.id bbq sehat enak
    Dada ayam fillet tanpa kulit. (FOTO: WEB)

    Ikan, dada ayam tanpa kulit, dan unggas giling tanpa lemak mejadi pilihan yang lebih sehat. Lemak baik pada ikan seperti salmon dan trout pun memiliki manfaat bagi kesehatan.
    Marinated fish fillet yang dibungkus alumunium foil, kebab ayam warna-warni, atau burger kalkun pun bisa menjadi pilihan. Jika mau memakai daging sapi, pilih potongan loin (bulat) dan jenis USDA Choice atau USDA Select.

    2. Porsi tidak berlebih
    Batasi porsi daging yang kamu gunakan dan imbangi dengan sayuran warna-warni. Porsi sehat dari semua jenis daging adalah sekitar 3 ons dan tidak lebih dari 6 ons.

    fokusjabar.id bbq enak sehat
    (FOTO: WEB)

    Jika tampak sedikit, ingat masih ada banyak menu pendamping yang bisa kamu tambahkan. Yakni beragam sayuran segar.

    3. Marinasi
    Bahan bumbu perasa tentunya menentukan BBQ lebih enak dan sehat. Sebelum dipanggang, daging akan lebih sedap jika direndam dalam larutan bumbu tertentu atau lebih dikenal dengan istilah marinasi atau marinade.

    fokusjabar.id bbq enak sehat
    Marinasi daging sapi. (FOTO: WEB)

    Minyak terbaik untuk digunakan yaitu melted coconut oil, avocado oil, atau ghee (minyak samin). Berikut beberapa campuran sehat yang bisa dicoba untuk proses marinasi, seperti yang disarankan nutrisionis Amelia Freer dalam tulisannya di Get The Gloss.

    – air lemon, bawang putih, minyak zaitun, dan rosemary
    – minyak kelapa, bawang putih, cabai, dan jeruk nipis
    – mustard, madu, dan minyak zaitun
    – minyak kelapa, serai, dan jahe
    – kunyit, jintan, paprika, bawang putih, lemon, dan minyak

    4. Tidak terlalu lama memanggang
    Daging yang dipanggang dalam waktu lama dapat menimbulkan produksi karsinogen. Karsinogen yang meningkat ini dapat menyebabkan penyakit kanker.

    fokusjabar.id bbq enak sehat
    (FOTO: WEB)

    Karena itu, tak perlu memanggang daging lama-lama. Upayakan menghindari daging gosong dan jangan makan bagian yang hitam atau coklat.

    5. Panggang buah untuk pencuci mulut
    Sejumlah makanan nabati mengandung polifenol telah terbukti menghambat pembentukan senyawa HCA selama proses memasak atau memanggang. Senyawa HCA merupakan senyawa kimia berbahaya yang bisa membuat sel tubuh berubah sampai mengalami mutasi DNA. Kondisi tersebut bisa jadi biang kanker.

    fokusjabar.id bbq enak sehat
    Aneka buah panggang bisa menjadi pilihan untuk cuci mulut. (FOTO: WEB)

    Tak hanya itu, gula alami dalam buah-buahan akan menjadi karamel dalam panas yang tinggi, memberikan rasa dan rasa manis yang ekstra. Cobalah irisan apel, pir, nanas, pisang, persik, atau plum yang dibelah dua. Ceri, plum kering, dan apel pun baik jika ditambahkan ke dalam burger atau kebab.

    Berikut lima tips agar BBQ Anda lebih enak dan tentu saja sehat. Selamat mencoba.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img