spot_img
Kamis 25 April 2024
spot_img
More

    Genjot Pemulihan Ekonomi, UMKM Juara Bank bjb Siapkan Wirausaha di Sukabumi

    SUKABUMI,FOKUSJabar.id: Bank bjb menggelar sosialisasi UMKM Juara agar Wirasusahawan di Sumedang siap menyambut pemulihan ekonomi nasional (PEN).

    Diskusi berjudul “Pemulihan Ekonomi Bagi Pelaku UMKM dan Early Warning System” di bank bjb Kantor Cabang (KC) Sukabumi, pada Kamis (25/9/2020). Sebagai kelanjutan dari pembukaan UMKM Juara yang dihadiri oleh Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi dan Pemimpin bank bjb KC Sukabumi Nurrachman Wijaya belum lama ini.

    Kegiatan pembekalan ini dibuka oleh Kepala Bidang Perindustrian Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan dan Perindustrian Kota Sukabumi Yadi Erlangga, dan dihadiri oleh Koordinator UMKM Jawa Barat Juara Kota Sukabumi Puji Rahayu, 6 orang tenaga pendamping, serta 25 pelaku UMKM.

    BACA JUGA: Racing Poin SMS Banking Telkomsel, Bagikan Hadiah kepada Nasabah Bank bjb

    Sedangkan materi pembekalan kepada para pelaku UMKM diberikan oleh Praktisi dan Trainer UMKM Eko Pramana Putra.

    Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb Widi Hartoto mengatakan, pembekalan ini merupakan hal yang penting diberikan kepada para pelaku UMKM agar mereka lebih bersiap menghadapi AKB.

    “bank bjb menyadari bahwa UMKM merupakan salah satu sektor yang paling rentan terhantam badai krisis, terutama krisis berskala luar biasa seperti yang ditimbulkan oleh pandemi COVID-19. Di sisi lain, UMKM memegang peranan penting sebagai tulang punggung perekonomian nasional. Karena itu, kami berkomitmen untuk terus memberikan dorongan sekuat tenaga dalam berbagai bentuk kepada para pelaku UMKM agar mereka dapat tetap bertahan bahkan mengembangkan usahanya di tengah situasi penuh tantangan,” kata Widi.

    Sesuai tajuk diskusi, para pelaku UMKM diberikan pemahaman tentang program pemulihan ekonomi di mana UMKM menjadi sektor yang paling diprioritaskan untuk mendapat perhatian.

    Strategi pemulihan ekonomi dan early warning system yang dapat diterapkan pelaku usaha dijabarkan agar mereka dapat mengubah tantangan menjadi peluang untuk mengembangkan usahanya.

    Bank bjb juga mendorong pelaku usaha untuk memanfaatkan fasilitas pembiayaan yang disediakan perbankan guna memperkuat fondasi permodalan usaha.

    Sejumlah produk Kredit UMKM bank bjb yang mencakup Kredit Mikro Utama, Kredit Usaha Kecil Menengah, Kredit Cinta Rakyat, Kredit Usaha Rakyat, Kredit Masyarakat Ekonomi Sejahtera (Mesra), dan Skema Subsidi Resi Gudang.

    Berbagai jenis kredit tersebut direkomendasikan untuk dimanfaatkan para pelaku UMKM sesuai dengan kondisi dan kebutuhan usaha mereka.

    bank bjb juga melayani konsultasi pembiayaan bagi para pelaku usaha yang hendak menggunakan fasilitas kredit modal usaha agar dapat disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan mereka.

    (Agung)

     

     

    Berita Terbaru

    spot_img