spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    Yana: ESI Kota Bandung Harus Beri Manfaat dan Dampak Positif

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana berharap keberadaan kepengurusan cabang E-Sports Indonesia (ESI) Kota Bandung bisa memberikan manfaat dan dampak positif. Tidak hanya bagi seluruh anggotanya, tapi juga bagi masyarakat Kota Bandung secara umum.

    Yana berharap, keberadaan organisasi e-sport, ESI Kota Bandung, bisa menambah deretan prestasi olahraga Kota Bandung. Terlebih e-sport, merupakan olahraga yang sedang berkembang pesat ditengah perkembangan teknologi saat ini.

    “Ditambah dengan sudah diakuinya ESI ini sebagai anggota KONI Pusat pada akhir Agustus lalu, perkembangan olahraga ini akan semakin pesat. Bukan tidak mungkin akan semakin banyak atlet e-sport tingkat dunia yang lahir di Kota Bandung,” ujar Yana.

    fokusjabar.id ESI Kota Bandung e-sports
    Ketua ESI Kota Bandung Dandan Riza Wardana menerima bendera pataka dari Ketua Umum PB ESI Jabar Dedy Agus Purwanto. (FOTO: Istimewa)

    BACA JUGA: PB ESI Jabar Lantik 4 Kepengurusan E-Sports Kota/Kabupaten

    Yana mengatakan, olahraga E-Sport pun bisa menguatkan mental dan fisik. Pasalnya, olahraga ini membutuhkan konsentrasi, fisik yang bagus, hingga kerjasama tim yang baik.

    “Jika dikelola organisasi, esport akan bisa lebih terarah karena ada proses latihannya. Ini bisa menjadi ladang amal bagi pengurus, tidak hanya memberi manfaat bagi anggotanya tapi juga bagi masyarakat sekitar. Apalagi e-sport ini banyak digeluti anak muda,” kata dia.

    Selain itu, lanjut Yana, E-Sport merupakan cabang olahraga yang paling tepat dan cocok pada kondisi pandemi Covid-19 saat ini. Terlebih perkembangan virus corona di Kota Bandung saat ini mengalami peningkatan dan fluktuatif.

    “Olahraga ini kan minim interaksi, bisa dilakukan di mana saja yang terpenting ada jaringan internet. Jadi ini cocok di masa AKB. Saya titip ke KONI sebagai mitra pemerintah di bidang olahraga, semoga bisa membawa nama baik kota Bandung,” ujar Wakil Wali Kota Bandung ini.

    fokusjabar.id ESI kota Bandung e-sports
    Ketua KONI Kota Bandung Nuryadi menerima plakat dari Ketua ESI Kota Bandung Dandan Riza Wardana. (FOTO: Istimewa)

    Ketua KONI Kota Bandung Nuryadi mengatakan siap memfasilitasi olahraga e-sport melalui organisasi ESI sebagai anggota baru. Pihaknya akan mengagendakan agar kepengurusan ESI Kota Bandung bisa menyampaikan paparan di hadapan anggota KONI Kota Bandung yang lain saat pelaksanaan Rapat Anggota Tahunan (RAT) KONI Kota Bandung.

    “Di RAT, kita akan minta persetujuan dari anggota untuk menerima e-sport atau ESI ini sebagai anggota baru KONI Kota bandung,” kata Nuryadi.

    Meski demikian, Nuryadi meminta ESI Kota Bandung untuk menyiapkan panduan-panduan teknis terkait olahraga e-sports. Dengan demikian, ada ketentuan-ketentuan tersendiri dalam olahraga e-sport tersebut.

    “Panduan teknis ini sebagai pedoman pelaksanaan olahraga e-sport di kota Bandung. Jangan sampai, dengan alasan olahraga e-sport, para pemain video game ini justru menjadi tidak terkontrol dan berdampak negatif. Panduan teknis ini agar dampak negatifnya lebih terminimalkan,” ujar Nuryadi.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img