Jumat 25 September 2020

Hak Penyandang Disabilitas di Kota Banjar Masih Belum Terpenuhi

BANJAR,FOKUSJabar.id: Penyandang disabilitas di Kota Banjar masih dianggap sebelah mata. Terutama saat mencari pekerjaan di perusahaan-perusahaan di wilayah Kota Banjar, Jawa Barat.

Dalam Undang-undang (UU) No 8 Tahun 2016 pasal 53 disebutkan Pemerintah, Pemerintah Daerah, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) wajib mempekerjakan paling sedikit 2 persen penyandang disabilitas dari jumlah pegawai atau pekerja. Begitu pula perusahaan swasta yang diwajibkan mempekerjakan paling sedikit 1 persen dari total jumlah karyawan.

Salah seorang penyandang disabilitas Kota Banjar Abdul Reza mengatakan, sangat miris dengan stigma negatif terhadap dia dan rekan senasibnya.

BACA JUGA: Penyandang Disabilitas di Banjar Hanya Diperlukan saat Pemilu?

“Sedih saja, banyak dari kita yang sudah melamar kerja tapi tetap saja ditolak,” ujar Reza saat melakukan audensi bersama OPD terkait dan anggota DPRD Kota Banjar, Kamis (10/9/2020).

“Sempat ada yang mengatakan alasan tidak diterima karena tidak normal,” Reza menambahkan.

FOKUSJabar.id Penyandang Disabilitas
Puluhan Penyandang Disabilitas adakan Hearing dengan OPD dan Anggota DPRD Kota Banjar. (FOTO: Budiana)

Ketua Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) cabang Kota Banjar Iwan Sanusi mengatakan, pihaknya tidak menginginkan perlakukan istimewa. Pihaknya hanya meminta hak seperti yang tertera dalam Undang-undang Nomor 8 tahun 2016.

“Jangan menganggap kami hanya penerima bantuan dan penerima manfaat saja, tapi libatkan juga sesuai peraturan yang ada di undang-undang,” kata Iwan.

FOKUSJabar.id Penyandang Disabilitas

Puluhan Penyandang Disabilitas adakan Hearing dengan OPD dan Anggota DPRD Kota Banjar. (FOTO: Budiana)

“Mudah-mudahan dengan hearing ini bisa direalisasikan dan semua bisa terlayani dengan baik di semua lini kehidupan,” Iwan menegaskan.

Sementara Ketua Komisi I DPRD Kota Banjar Dalijo mengatakan, pihaknya akan segera membahas pembentukan Perda untuk menguatkan atau mengakomodir yang menjadi harapan mereka.

“Saya angkat jempol, luar biasa. Mereka menuntut hak sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku. Kami semua akan upayakan agar peraturan yang menguatkan segera dibentuk dan diberlakukan di Kota Banjar,” kata Dalijo.

(Budiana/Ageng)

Artikel Lainnya

Hubungan Tak Direstui, Wanita Sumut Gosok Bendera dengan Sikat WC

MEDAN,FOKUSJabar.id: Rohmeini Purba (27) diamankan Tim Siber Dit Reskrimsus...

Kantor Desa Karangsari Diontrog Ratusan Warga

PANGANDARAN,FOKUSJabar.id: Ratusan warga Desa Karangsari, Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran, Jabar, menggeruduk kantor Desa Karangsari. Mereka meminta pemerintah desa (pemdes) Karangsari transparan soal penggunaan anggaran...

APBD Perubahan 2020, Bupati Ciamis Fokus Penanggulangan Covid-19

CIAMIS,FOKUSJabar.id: Bupati Ciamis, Jabar, Herdiat Sunarya mengatakan, kebijakan APBD Perubahan tahun anggaran 2020 diprioritaskan pada penanggulangan Corona Virus Disease (Covid-19) dan pemulihan ekonomi. "Kebijakan APBD...

Penutupan Jalan Picu Gejolak Pedagang Pasar Baru

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Penutupan lima ruas jalan protokol di Kota Bandung berdampak kepada sektor ekonomi. Kegiatan buka tutup jalan di tiga waktu resmi diterapkan pada Jumat...

3.233 Pegawai Pemkot Bandung Swab Test, 326 Positif Covid-19

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Ketua Harian Gugus Tugas Covid-19 Kota Bandung, Ema Sumarna mengatakan, 3.233  Pegawai Pemkot Bandung telah selesai jalani uji usap. Hasilnya, jumlah pegawai yang positif...

Terpilih Aklamasi, Gunaryo Pimpin Organisasi Triathlon Jabar

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Gelaran Musyawarah Provinsi (Musprov) I Federasi Triathlon Indonesia (FTI) Jabar memilih Gunaryo secara aklamasi sebagai Ketua Umum Pengprov FTI Jabar masa bakti 2020-2024....

Menteri Agama RI Positif Covid-19

JAKARTA,FOKUSJabar.id: Menteri Agama Fachrul Razi terkonfirmasi positif Corona. Kendati begitu, kondisi fisiknya dalam keadaan baik. Demikian disampaika Staf Khusus Menag Kevin Haikal seperti dilansir...