spot_img
Senin 22 April 2024
spot_img
More

    5 Cara Belajar Bahasa Inggris Sederhana

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Dalam mempelajari sesuatu harus dimulai dari dasar termasuk belajar bahasa Inggris. 

    Jika kamu sudah memahami dan mengetahui dasar-dasar bahasa Inggris maka akan lebih mudah dalam mempelajari bentuk kalimat yang kompleks, mulai dari bentuk kata dasar,cara pelafalan, kalimat, hingga cara penulisan.

    Bahasa Inggris memang suatu bahasa yang cukup rumit untuk dipelajari bila pemahaman dasarnya kurang baik, akan tetapi jika sudah paham betul, belajar bahasa Inggris akan terasa jauh lebih mudah.

    Berikut dasar-dasar belajar bahasa Inggris yang harus kamu pahami untuk membantu belajar secara otodidak atau di tempat les.

    1. Pelajari Tenses atau Bentuk Kata

    Tenses merupakan elemen paling penting dan mendasar untuk belajar bahasa Inggris, karena tenses ini adalah bentuk kata kerja dalam bahasa Inggris yang berguna untuk menunjukan kondisi waktu dimana terjadinya suatu peristiwa, bisa menunjukan masa lalu, sekarang, dan masa depan. 

    Karena mempelajari tenses merupakan hal yang paling mendasar, maka tidak aneh bila tenses berada di halaman atau bab pertama dalam buku belajar bahasa Inggris. Tenses juga  merupakam gabungan atas dua komponen dasar yang tidak bisa dipisahkan, yaitu waktu dan peristiwa.

    Waktu

    – Present / Sekarang

    – Past / Masa Lalu

    – Future / Masa yang akan datang

    – Pas Future / Rencana dimasa lalu

    Peristiwa

    – Simple / Aktifitas Sederhana

    – Countinuous / Aktivitas yang sedang berlangsung

    –  Perpect/ Aktivitas yang telah usai

    –  Perpect Countinus / Aktifitas yang sedang berlangsung dengan durasi waktu.

    1. Mendengarkan (Listening)

    Setelah memahami tentang tenses, selanjutnya adalah mendengarkan atau listening. Tahapan ini menjadi salah satu kemampuan bahasa Inggris yang penerapannya dengan mendengarkan kosakata di dalam kalimat berbahasa Inggris.

    Dengan mendengarkan, nantinya akan terbiasa degan istilah bahasa Inggris dan juga bisa memahami apa yang dikatakan orang lain saat berbicara menggunakan bahasa Inggris.

    1. Membaca (Reading)

    Setelah listening dikuasai, maka dasar-dasar belajar bahasa Inggris yang penting dikuasai selanjutnya adalah membaca. Dengan membaca beberapa teks atau kalimat berbahasa Inggris, hal itu akan membuat hidup kepekaan terhadap struktur kata yang terbentuk dalam bahasa Inggris.

    1. Menulis (Writing)

    Writing adalah menulis dan tentu menjadi salah satu dasar dalam belajar bahasa Inggris. Pasalnya, dengan menulis akan melihat sejauh mana kemahiran dari ketiga hal yang telah dipelajari diatas.

    BACA JUGA: Ini Tips agar Anak Terbiasa Minum Air

    Intinya, Writing di sini menjadi salah satu penerapan dari tiga skill yang sudah dijelaskan sebelumnya. Untuk mempelajari bagaimana menulis bahasa Inggris dengan baik, semua bisa dipelajari dalam huku Practice and Progress karya L.G. Alexander.

    Berikut tahapannya:

    – Baca cerita dalam bahasa Inggris

    – Buka kamus kosa kata baru yang ditemui dalam cerita tersebut

    – Baca kembali kemudian pahami

    – Jawab pertanyaan tertulis tanpa melihat bacaan 

    – Ceritakan kembali cerita tersebut dari sudut pandang sendiri

    1. Berbicara (Speaking)

    Setelah dasar-dasar belajar bahasa Inggris di atas dikuasai dengan baik, selanjutnya adalah Speaking atau berbicara. Belajar berbicara adalah akhir dari sekian banyak tahap tentang dasar-dasar berbahasa Inggris.

    Dengan berbicara dalam bahasa Inggris maka akan senantiasa terbiasa dengan kata-kata asing yang mungkin terasa sulit diucapkan oleh orang awam. Meski perlahan, jika sering dilatih maka skill speaking terdengar fasih seperti orang asing dari luar negeri bahkan dari negara Inggris sendiri.

    Belajar bahasa seperti ini harus dilakukan secara rutin dan berkala, belajar bahasa Inggris juga bisa dilakukan dengan menonoton film untuk menambah pembendaharan kata, atau dengan cara mendengarkan musik berbahasa Inggris yang kemudian diterjemahkan ke bahasa Indonesia. Kegiatan tersebut sangat membantu untuk menghafal kosakata Inggris. 

    Selamat mencoba

    (Budiana/Antik)

    Berita Terbaru

    spot_img