spot_img
Kamis 25 Juli 2024
spot_img
More

    Jenis Ikan Cupang Populer dan Kisaran Harganya

    BANDUNG,FOKUSJabar.co.id: Memelihara ikan hias, khususnya ikan cupang, tidaklah sulit. Cukup membeli akuarium, makanan, dan tentu saja ikannya.

    Ikan ini cukup mudah didapatkan. Pasalnya, ikan dengan warna menarik tersebut memiliki habitat di Asia Tenggara. Termasuk di Indonesia.

    Banyak pilihan jenis ikan cupang yang bisa dibeli. Kamu membelinya di toko atau pasar ikan hias atau membelinya secara online.

    BACA JUGA: Ingin Pelihara Ikan Cupang, Ini Tips Memilihnya

    Berikut beberapa jenis ikan cupang yang cukup populer dilansir dari berbagai sumber.

    1. Halfmoon
    Halfmoon ini mempunyai bentuk ekor dan sirip seperti bulan sabit atau dikenal dengan nama Big Ear. Dari bentuknya, kamu bisa melihat keanggunan dan kecantikannya ketika bergerak dalam akuarium.

    Ciri khas dari Halfmoon adalah ekornya yang berbentuk setengah lingkaran bagaikan fase bulan paruh. Sirip punggung dari jenis ikan ini pun biasanya cukup besar dan memiliki bentuk yang cenderung melingkar.

    Untuk sirip bawah, berbentuk bagaikan tirai yang membentang di bawah perut ikan ini. Ini jenis ikan cupang yang cukup umum dan dapat kamu temui di pet shop atau penjual ikan.

    fokusjabar.id jenis ikan cupang
    Ikan Cupang Halfmoon. (FOTO: WEB)

    Halfmoon masih dibagi lagi dalam dua bentuk berdasarkan lebar siripnya. Pertama, The Caudal Fin of a Halfmoon Betta Fish. Sesuai dengan namanya, sirip ikan ini berbentuk setengah bulan. Orang-orang biasa mengenalinya setengah lingkaran atau 180 derajat penuh atau seperti bentuk huruf D kapital. Baik sirip punggung dan sirip dubur juga lebih besar dari rata-rata jenis half moon.

    Kedua, The Over Halfmoon. Ikan ini merupakan versi ekstrem dari jenis Halfmoon. Ekor yang dimiliki sama dengan versi The Caudal Fin of a Halfmoon Betta Fish, kecuali penyebarannya. Jika The Caudal memiliki ekor 180 derajat, maka The Over Halfmoon punya ekor yang melingkar lebih dari 180 derajat.

    Halfmoon merupakan hasil perkawinan yang dilakukan breeder Amerika Serikat yaitu Peter Goettner. Untuk anakan ikan cupang halfmoon, rata-rata dibanderol Rp40 ribuan. Sedangkan untuk dewasa dan indukan, harganya dibanderol Rp80 ribuan hingga Rp100 ribuan. Sementara untuk haflmoon juara dijual Rp500 ribuan.
     
    2. Serit/Crown Tail
    Ikan jenis ini cukup unik karena mempunyai ekor sobek-sobek seperti habis bertarung dengan cupang lainnya. Sobekan inilah yang membuatnya menjadi terlihat mahal. Ikan ini pun sudah banyak dipertandingkan di ajang International Betta Congress (IBC).

    Ikan jenis ini pun bisa dibilang eksotis dan elegan. Kamu dapat dengan mudah melihat sirip dan ekornya yang terbelah-belah bagaikan mahkota.

    fokusjabar.id jenis ikan cupang
    Ikan Cupang Serit atau Crown Tail. (FOTO: WEB)

    Bentuk sirip dan ekor yang menyerupai mahkota tersebut akan tampak sangat megah saat ikan cupang jenis ini mengembangkan sirip dan ekornya saat berenang.

    Crown tail atau ikan cupang ekor mahkota pertama kali diperkenalkan tahun 1997 hasil perkembangbiakan para breeder di Slipi, Jakarta Barat. Jenis ikan satu ini paling mudah dikenali sebab ekor yang dimiliki sangat berbeda dari ikan cupang lainnya, yakni ujung ekornya berbentuk runcing bak mahkota.

    Ikan cupang jenis ini memiliki penyebaran sirip 180 derajat penuh. Istilah crown tail biasa disingkat juga menjadi CT oleh orang-orang penggemar cupang atau serit.

    Untuk harga ikan ini, di kisaran Rp15 ribuan untuk anakan. Sementara, untuk harga indukan dan juara ikan serit sekitar Rp60 ribuan dan Rp300 ribuan.

    3. Slayer
    Banyak yang tidak tahu, jika ikan jenis ini merupakan hasil perkawinan silang Halfmoon dan Serit. Ikan cupang jenis ini pun sempat tren di sekolah-sekolah, untuk diadu.

    fokusjabar.id jenis ikan cupang
    Ikan Cupang Slayer. (FOTO: WEB)

    Ciri khasnya adalah siripnya yang lebih lebar dan besar dari pada seluruh badannya. Selain itu, slayer dikaruniai warna-warna terang seperti oranye, kuning, merah, hijau, dan beberapa warna terang lain.

    Jenisnya cukup marak dijual di banyak pasar ikan dan merupakan salah satu favorit banyak orang. Untuk harga slayer juara dibanderol sekitar Rp300 ribuan. Namun, untuk cupang Slayer anakan di kisaran harga Rp25 ribuan.
     
    4. Double Tail
    Ikan cupang Double Tail ini terbilang cukup banyak peminatnya, namun jarang atau bisa dibilang sulit didapatkan. Tak heran, ikan jenis ini pun menjadi sangat mahal.

    Double Tail termasuk ikan cupang dengan bentuk yang paling unik. Sama seperti namanya, ikan ini memiliki sirip ekor ganda. Bukan hanya sirip ekor tunggal yang terbelah dua, tetapi ekor ganda yang benar terdiri atas dua bilah ekor.

    fokusjabar.id jenis ikan cupang
    Ikan Cupang Double Tail. (FOTO: WEB)

    Posisi belahan ekornya pun tepat berada di tengah. Ekor yang terbelah tersebut merupakan hasil dari mutasi genetik yang mungkin terjadi pada tiap ikan cupang. Maka dari itu jenis Double Tail dapat memiliki bentuk sirip dan ujung ekor yang beraneka ragam.

    Beberapa dari double tail, tidak memiliki sirip ekor. Selain itu jenis double tail cenderung memiliki tubuh yang lebih pendek. Kemudian sirip punggung dan sirip dubur lebih luas, yang biasanya mirip satu sama lain.

    Untuk kisaran harga Double Tail ini dibanderol di harga Rp150.000

    5. Fancy
    Ikan jenis ini tergolong kualitas mantap. Kenapa? Karena Fancy mempunyai kombinasi warna yang cantik bak cat warna dalam lukisan.

    Ikan yang pertama dipopulerkan peternak dari Thailand ini, terbilang cukup mahal. Untuk harga anakan dibanderol di kisaran harga Rp100 ribuan.

    fokusjabar.id jenis ikan cupang
    Ikan Cupang Fancy

    Sedangkan untuk ikan dewasa dan indukan Fancy, kisaran harganya diatas Rp300 ribuan. Sementara untuk Fancy juara dibanderol hingga Rp2 jutaan.

    6. Plakat
    Nama ikan jenis ini diambil dari bahasa Thailand yang memiliki makna petarung. Sesuai namanya, ikan cupang Plakat memiliki tampilan yang sangar dan sering kali diadu dibanding sebagai ikan hias.

    Disebut sebagai ikan petarung, secara fisik, ikan jenis ini memiliki sirip dan ekor yang lebih kecil serta memiliki badan yang lebih besar dan kuat dari jenis ikan cupang lainnya. Ikan jenis ini pun cukup agresif dan berpotensi untuk meloncat keluar wadahnya.

    jenis ikan cupang fokusjabar.id
    Ikan Cupang Plakat. (FOTO: WEB)

    Meski demikian, ikan ini pun mempunyai sirip yang cukup indah untuk dinikmati sebagai ikan hias. Bahkan dalam perkembangannya, sudah banyak breeder yang melakukan kawin silang sehingga jenis muncul jenis plakat half moon dan plakat crown tail.

    Untuk kisaran harga, ikan jenis ini dijual cukup mahal. Plakat dewasa dijual mulai dari harga Rp200 ribuan. Sedangkan untuk Plakat juara dibanderol hingga Rp2 jutaan.

    7. Giant
    Sesuai namanya, Giant, ikan jenis ini memiliki ukuran yang besar. Ukuran tubuh atau panjang ikan cupang ini bisa mencapai lebih dari 11 cm. Ikan jenis ini banyak ditemukan di sungai-sungai dan danau di Thailand.

    Ikan jenis ini pertama kali dikembangbiakkan breeder asal Thailand, Mr. Athapon (Uncle Sala) dan putranya Mr. Natee pada tahun 1999. Giant merupakan perkawinan silang antara jenis plakat jantan dengan panjang 10 cm dengan ikan cupang yang memiliki ukuran yang hampir sama yang bertujuan mendapatkan ikan berukuran besar.

    fokusjabar.id jenis ikan cupang
    Ikan Cupang Giant. (FOTO: WEB)

    Giant betta mulai dipasarkan pada tahun 2001 dan diikutsertakan dalam kontes internasional IBC di Amerika Serikat setahun setelahnya.

    Pada awalnya, Giant beta bisa mencapai ukuran 7,5 cm dalam waktu 8–9 bulan. Saat ini, untuk mencapai ukuran yang sama hanya membutuhkan waktu 5 bulan.

    Selain itu, warna dan sirip yang dimiliki ikan ini pun semakin bervariasi serta sudah muncul jenis lain dari giant betta. Seperti giant halfmoon, giant crowntail, dan giant double tail.

    Untuk anakan ikan jenis ini dibanderol mulai dari Rp25 ribuan dan indukan dijual di harga Rp90 ribuan.

    BACA JUGA: Ini Tips Merawat Ikan Cupang Biar Sehat dan Ciamik

    Nah, kamu berminat membeli ikan cupang jenis apa?

    (Ageng/berbagai sumber)

    Berita Terbaru

    spot_img