spot_img
Kamis 29 Februari 2024
spot_img
More

    Apa itu Nissan e-POWER? Ini Penjelasannya

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Nissan e-POWER akan segera diluncurkan, model pertama di Indonesia ini membuat mobil listrik tak perlu mengisi daya dari luar.

    Teknologi bakal diaplikasikan pada mobil All-New Nissan Kicks e-POWER yang akan diluncurkan pada Rabu (2/9/2020) mendatang.

    Sebelum melihat Nissan Kicks secara utuh pada peluncuran itu, masyarakat Indonesia bisa mengenal teknologi e-POWER, cara kerja dan manfaatnya.

    Apa itu e-POWER?

    e-POWER adalah powertrain listrik 100 persen, memanfaatkan teknologi kendaraan listrik (EV) yang disempurnakan dari Nissan LEAF, dengan menambahkan mesin bensin untuk mengisi baterai bertenaga tinggi bila diperlukan.

    BACA JUGA: Honda Luncurkan Mobil Listrik Mungil

    Hal itu menghilangkan kebutuhan akan pengisi daya eksternal, sekaligus menawarkan output tinggi yang sama dengan EV.

    Nissan e-POWER memberikan akselerasi kuat, torsi, dan tarikan yang responsif serta berkendara yang senyap dengan akselerasi halus seperti EV.

    Bagaimana cara e-POWER bekerja?

    Sistem e-POWER menawarkan penggerak motor listrik penuh, yang berarti semua roda sepenuhnya digerakkan oleh motor listrik.

    Nissan e-POWER terdiri dari baterai output tinggi dan powertrain yang terintegrasi dengan mesin bensin, generator listrik, inverter dan motor.

    Dalam sistem hybrid konvensional, roda-roda digerakkan oleh motor listrik dan mesin bensin. Namun, dalam sistem e-POWER, mesin bensin tidak terhubung ke roda; mesin bensin hanya berfungsi untuk mengisi baterai.

    Tidak seperti EV penuh, sumber tenaganya adalah mesin, bukan hanya baterai.

    Tabel Perbedaan e-POWER:

    Manfaat e-POWER

    e-POWER memberikan torsi besar secara instan, yang meningkatkan respon berkendara dan menghasilkan akselerasi yang mulus.

    Selain itu, sistem e-POWER beroperasi dengan sangat senyap, seperti kendaraan listrik 100 persen.

    e-POWER juga menawarkan efisien bahan bakar yang baik, karena mesin bensin hanya mengisi baterai untuk motor listrik utama.

    Fakta menarik

    e-POWER dinobatkan sebagai Technology of the Year 2019 oleh Automotive Researchers’ and Journalists’ Conference of Japan (RJC).

    Teknologi itu langsung populer di Jepang, lebih dari 70 persen penjualan Nissan Note adalah Nissan Note e-POWER.

    (Agung/ANT)

    Berita Terbaru

    spot_img