spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    11 Hewan Dipercaya Pembawa Hoki

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Masyarakat Indonesia memiliki banyak kepercayaan mengenai berbagai hal yang ada di sekitarnya.

    Anda mungkin pernah mendengar kepercayaan terkait membeli rumah hingga tanggal baik pernikahan. Kepercayaan-kepercayaan seperti itu akan terus ada dan beralasan bagi masyarakat hingga kini.

    Baca Juga: 11 Manfaat Bunga Honje untuk Tubuh Kita

    Bahkan ada pula kepercayaan memelihara hewan bisa mendatangkan keberuntungan (hoki).

    Berikut binatang peliharaan yang dipercaya bisa mendatangkan hoki:

    1. Kucing

    Pasti anda pernah melihat patung kucing yang mengayunkan salah satu kaki depannya. Patung kucing tersebut ternyata merupakan sebuah simbol keberuntungan yang dipercaya di Jepang.

    Oleh karena itu, tidak aneh jika patung tersebut sering kamu temukan di toko-toko. Selain itu, ternyata dipercaya juga dapat mendatangkan keberuntungan bagi orang yang memeliharanya.

    1. Ikan Louhan

    Ikan dengan nilai jual yang tinggi ini merupakan salah satu jenis peliharaan yang sangat populer. Menurut kepercayaan Fengshui, Ikan ini disebut memancarkan energi positif.

    Jika disimpan di sebelah tenggara, kekayaan akan mengikuti orang yang memelihara ikan ini. Disimpan di sebelah timur, maka kesejahteraan dan kebahagiaan keluarga akan meningkat.

    1. Ikan Arwana

    Ikan yang konon dipercaya sebagai simbol keberuntungan ini merupakan salah satu jenis ikan termahal yang ada di Indonesia.

    Hampir semua ikan Arwana dipercaya membawa keberuntungan bagi pemiliknya. Namun, jenis Super Red adalah yang aura keberuntungannya paling kuat.

    1. Kura-Kura

    Usut punya usut, hewan lamban berkaki 4 ini disebut memiliki dapat mengundang rezeki yang besar bagi pemiliknya. Tidak hanya dipercaya di Indonesia, banyak negara lain yang juga memercayai hal yang sama.

    hewan fokusjabar.id
    Kura-kura (Foto Web)

    Tiongkok adalah salah satu negara yang percaya dengan keberuntungan yang dibawa hewan ini. Menurut masyarakatnya, kura-kura dapat membantu mewujudkan stabilitas keuangan serta keberuntungan.

    1. Ikan Koi

    Ikan Koi disebut-sebut pembawa energi positif. Memelihara 2 ikan mas dipercaya akan memberikan keseimbangan dengan pasangan.

    Jika anda memelihara 8 dan salah satunya berwarna hitam, hal tersebut diyakini dapat membuang sial.

    1. Ayam Jago

    Ayam jago merupakan unggas yang dipercaya oleh orang Jawa dapat membawa keberuntungan bagi pemiliknya. Semakin keras suaranya maka semakin banyak mengalir juga keberuntungan.

    Salah satu jenis ayam yang paling dipercaya membawa keberuntungan adalah ayam tertawa yang sangat khas suaranya.

    1. Burung Perkutut

    Burung ini memang tampak kurang menarik jika dibandingkan dengan burung hias lain seperti love bird atau kenari. Anehnya, harga burung perkutut selalu lebih mahal.

    hoki fokusjabar.id
    Burung Perkutut (Foto Web)

    Alasannya, menurut  mitos bahwa burung perkutut membawa keberuntungan. Sayangnya, burung yang satu ini sudah tidak sepopuler dahulu. Pasalnya, hanya orang-orang di usia senja saja yang masih memeliharanya. 

    1. Katak

    Beberapa kebudayaan mengatakan bahwa katak adalah simbol keberuntungan. Salah satunya di negara Sajura, Jepang.

    Bagi masyarakat Jepang, katak memiliki arti khusus bahkan sudah masuk dalam tradisi masyarakatnya.

    Memang, mungkin sebagian orang tidak menyukai binatang rawa satu ini, tetapi siapa sangka kalau katak bisa memberikan kebahagiaan, kesuburan, dan berkah bagi pemiliknya.

    1. Tokek

    Selain nilai jual tinggi, Tokek memiliki corak tubuh serta tingkat kesulitan menangkapnya. Mungkin ini menjadi salah satu factor dipercaya membawa keberuntungan.

    hoki fokusjabar.id
    Tokek (Foto Web)

    Sebagian orang menganggap memiliki tokek bisa memiliki kekuatan untuk menolak bala alias musibah. Tidak heran ya, kalau binatang tersebut dihargai dengan nilai tinggi apalagi kalau coraknya unik.

    1. Kuda

    Kuda terkenal sebagai binatang gagah dan memiliki tenaga serta kecepatan berlari yang baik. Sudah beribu-ribu tahun kuda dijadikan pendukung transportasi oleh banyak bangsa.

    Dalam budaya Jawa, kuda adalah simbol kekayaan terutama kuda putih. Bahkan, mitos India menyatakan kalau kuda adalah reinkarnasi Dewa Wisnu.

    Simbol kesuksesan, kecepatan, kesetiaan serta keberanian melekat pada binatang mamalia tersebut, dinilai baik untuk karir.

    1. Ikan Mas Koki

    Ikan mas Koki tidak kalah menjadi peliharaan pembawa energi positif. Memelihara dua ikan mas koki diyakini memberi keseimbangan dengan pasangan.

    Sementara, jika memelihara 8 ikan dengan satu ikan hitam dipercaya akan membuang sial. Dalam budaya Cina, ikan ini dipercaya bisa membuka peluang rezeki untuk memperlancar hidup anak cucu.

    (Bambang/berbagai sumber)

    Berita Terbaru

    spot_img