spot_img
Minggu 28 April 2024
spot_img
More

    Peringati HUT ke-75 RI, Polres Banjar Gelar Upacara Malam di Makam Pahlawan

    BANJAR,FOKUSJabar.id: Memperingati HUT ke-75 Kemerdekaan RI, Polres Banjar gelar upacara kehormatan dan renungan suci di Taman Makam Pahlawan Bahagia yang berlokasi di jalan Manonjaya-Banjar, Desa Balokang, Kecamatan/Kota Banjar, Jawa Barat, Minggu (16/8/2020) malam. 

    polres banjar fokusjabar.id
    Polres Banjar saat melakukan upacara renungan suci di Taman Makam pahlawan (Foto Budiana)

    Upacara diawali dengan menyalakan obor sebagai tanda dimulainya renungan yang dipimpin langsung Kapolres Kota Banjar, AKBP Melda Yanny dan menjadi Inspektur Upacara (Irup) serta membacakan naskah renungan suci tepat pukul 00.00 WIB.  

    “Kami yang hadir pada hari ini, Senin 17 Agustus 2020, pukul 00.00 WIB, pada upacara memperingati akan jasa-jasa para pahlawan nusa dan bangsa yang telah bersemayam di makam ini,” kata Kapolres saat membacakan naskah renungan suci di taman makam pahlawan bahagia, Senin (17/8/2020) dini hari. 

    Baca Juga: Timnas U-19 Akan TC Di Luar Negeri

    Melda mengatakan, jumlah Pahlawan bangsa yang disemayamkan di Taman Makam Pahlawan Bahagia sebanyak 68 orang.  

    Dari 68 pahlawan, 64 diantaranya dari Tentara Negara Indonesia (TNI), dua orang dari Polisi Republik Indonesia (Polri) dan dua orang warga sipil.  

    “Saya menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keikhlasan dan kesucian kehormatan saudara-saudara sebagai pahlawan dalam pengabdian terhadap perjuangan demi kebahagiaan negara dan bangsa,” kata Kapolres.  

    Tak hanya itu, seluruh peserta upacara juga menyatakan sumpah dan janjinya untuk terus memperjuangkan jasa para pahlawan.

    “Perjuangan para pahlawan adalah perjuangan kami juga, dan jalan kebaktian yang para pahlawan tempuh adalah jalan bagi kami juga, kami berdoa, semoga arwah para pahlawan diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa serta mendapatkan tempat yang sebaik-baiknya,” kata dia. 

    Terpantau FOKUSJabar, upacara kehormatan dan renungan suci tersebut berlangsung sekitar 15 menit. Mengheningkan cipta, penyalaan obor dan peletakan karangan di tugu pahlawan serta pembacaan doa dilakukan peserta upacara.

    Upacara tersebut dihadiri, Wali Kota Banjar, Ade Uu Sukaesih, Wakil Wali Kota Banjar, Nana Suryana, Ketua DPRD, Dadang R. Kalyubi, Kepala Kejari Gunadi, Kepala Pengadilan, Kusman dan Ketua Pengadilan Agama serta sejumlah personel gabungan TNI/Polri dari Polres Banjar, Kodim 0613/Ciamis, Yonif Raider 323/BP Kostrad, para kepala OPD , BPBD,Ormas dan LSM.

    (Budiana/Bambang) 

    Berita Terbaru

    spot_img