spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    Ballon d’Or 2020 Dibatalkan, Ferdinand: Lewandowski Harus Buat Petisi

    INGGRIS,FOKUSJabar.id: Penyerang Bayern Munchen Robert Lewandowski harus memulai petisi untuk memastikan menyabet penghargaan Ballon d’Or 2020. Hal tersebut disampaikan mantan bek Manchester United Rio Ferdinand kepada TEAMtalk, Jumat (14/8/2020).

    Pihak penyelenggara Ballon d’Or, France Football sudah mengumumkan jika gelaran penghargaan bergengsi Ballon d’Or 2020 batal digelar sebagai akibat dari pandemi virus corona pada bulan lalu.

    Sejak pertama kali digelar tahun 1956, Ballon d’Or menganugerahi pemain terbaik dari kompetisi sepakbola di seluruh dunia setiap tahunnya. Lionel Messi menjadi pemain dengan raihan bola emas terbanyak yaitu enam gelar, diikuti rivalnya Cristiano Ronaldo dengan lima penghargaan.

    Messi dan Cristiano Ronaldo tampak akan kembali menjadi kandidat terkuat untuk Ballon d’Or 2020 sebelum diputuskan tidak akan digelar tahun ini. Namun, tahun 2020 menjadi tahunnya Lewandowski yang terbukti tak terbendung di depan gawang.

    BACA JUGA: Tersingkir Dari Liga Champion 2019/20, Simeone Ogah Cari Alasan

    Pemain berpaspor Polandia berusia 31 tahun itu telah mencetak 53 gol di semua kompetisi musim ini untuk Bayern, yang 13 diantaranya dicetak di pentas Liga Champions. Ferdinand pun bersikeras jika Lewandowski pantas mendapatkan pengakuan atas usahanya.

    “Bila saya Lewandowski dan mereka membatalkan Ballon d’Or, saya akan memulai petisi untuk menggelarnya kembali,” kata Ferdinand.

    Dominasi Messi dan CR7 pada gelaran Ballon d’Or sejak tahun 2008, hanya ‘diganggu’ oleh Luka Modric pada tahun 2018. Dan untuk tahun 2020, Ferdinad menyebut jika menjadi tahunnya Lewandowski yang mampu membawa dirinya ke level tersebut.

    “Saya tidak percaya mereka telah membatalkannya. Ini kejam, itu kata yang bagus untuk menggambarkannya. Lewandowski pantas memenangkan penghargaan atas apa yang telah dilakukannya musim ini. Jika dia memimpin Bayern Munchen menjuarai Liga Champions dan mereka masih memutuskan tidak akan memberikannya padanya, itu tidak benar,” kata Ferdinand.

    “Orang-orang mengatakan, Ronaldo menganggap penghargaan itu terlalu penting, tetapi saya tidak menerimanya. Apa arti penghargaan bagi sejarah permainan, saya pikir memalukan jika mereka telah membatalkannya untuk tahun ini,” Ferdinand menambahkan.

    Penghargaan tersebut, diakui Ferdinand sangat berarti. Bahkan beberapa pemain mengaku jika trofi terbaik sepanjang karier sepakbola adalah Ballon d’Or.

    “Saat Anda berbicara dengan Michael Owen dan bertanya kepadanya apa trofi terbaik dalam kariernya, dia mungkin mengatakan itu adalah Ballon d’Or pada 2001,” tambah mantan bek timnas Inggris berusia 41 tahun itu.

    Masuk dalam daftar nominasi atau bahkan daftar pemenang Ballon d’Or sebagai pemain terbaik di dunia merupakan ha; spesial. Hampir semua pemain ingin berada di sana.

    “Itulah para pemain elite dan di generasi ini sekarang ada dua pemain yang telah mendominasi penghargaan tersebut dalam waktu. Itu akan membuat segalanya lebih istimewa bagi Lewandowski untuk mendapatkan namanya di daftar itu dan saya tidak percaya mereka telah membatalkannya,” ujar Ferdinand.

    (Ageng/ANT)

    Berita Terbaru

    spot_img