spot_img
Jumat 29 Maret 2024
spot_img
More

    STEAM Jadi Solusi Pendidikan Berbasis Teknologi

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Kenalkan pendidikan di masa depan, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Galuh Hidayah bekerjasama dengan Disdik Ciamis menggelar Webinar Peningkatan Kompetensi Guru Berbasis STEAM (Science Technology Engineering Art Mathemactic), Rabu (12/8/2020).

    Ketua PKBM Galuh Hidayah Ciamis Ius Yusmiati mengatakan, kegiatan ini digelar guna menyongsong revolusi industri 4.0 di mana pemebelajaran dilaksanan berbasis teknologi. 

    “Dalam revolusi industri 4.0, pembelajaran kebanyakan dilakasanakan berbasis teknologi. Sehingga guru dan para pengajar harus mampu menerapkan pembelajaran di semua jenjang dengan mengikuti arah perkembangan kemajuan dunia,” kata Ius. 

    Ius mengatakan bahwa STEAM sebagai solusi dari tantangan pendidikan di era globalisasi yang mengedepankan pasar bebas. Di mana setiap manusia di dunia bisa bersaing sesuai kompetensi yang dimilikinya.

    BACA JUGA: Pendidikan Seks Sejak Dini Penting Dilakukan Orangtua

    Adapun narasumber yang dihadirkan dalam kegiatan tersebut, yakni para ahli dan praktisi pembelajaran STEAM dari Jakarta, seperti Erwin Octavia Praktisi Pendidikan STEAM, Rachel Gabriela Trainer Pendidikan STEAM Tingkat Dasar dan Mikael Timotius Trainer Pendidikan STEAM Tingkat Atas.

    Webinar ini, kata dia, menjadi jawaban dari proses pergeseran budaya belajar dari pola konvensional ke pola modern.

    “Kurikulum pembelajaran STEAM ini dapat diterapkan oleh Pemerintah Ciamis dalam kebijakan pelaksanaan pendidikan,” kata dia. 

    (Riza M Irfansyah/Olin)

    Berita Terbaru

    spot_img