Sabtu 26 September 2020

Ini Catatan Balap Pemilik Pole Position Brno 2020 di MotoGP

CEKO,FOKUSJabar.id: Berhasil meraih pole position pada seri ketiga MotoGP 2020 yang bertajuk ‘Monster Energy Grand Prix České Republiky’, diakui Johann Zarco melebihi ekspetasinya. Pebalap tim Esponsorama Racing ini akan memimpin balapan di sirkuit Brno, Ceko, Minggu (9/8/2020) mulai pukul 19.00 WIB nanti dari grid terdepan.

Menunggangi Ducati GP19, pebalap Prancis ini mencatatkan waktu kualifikasi tercepat 1 menit 55.687 detik. Lebih cepat 0.303 detik dari pemimpin sementara klasemen pebalap MotoGP 2020, Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT).

Pole position yang diraih Johann Zarco di sirkuit Brno ini, menjadi yang pertama baginya dalam dua tahun terakhir. Padahal, Zarco selalu mengalami kesulitan untuk meraih pole position di sirkuit Brno. Terlebih di musim ini, dirinya masih beradaptasi dengan tunggangan barunya tersebut.

Johann Zarco sendiri bergabung dengan tim Reale Avintia Ducati pada MotoGP 2020 pada 9 Desember 2019, yang menggunakan nama Esponsorama Racing pada balapan MotoGP 2020. Sebelumnya, juara dunia Moto2 tahun 2015 dan 2016, memulai karirnya di MotoGP bersama tim Monster Yamaha Tech 3 selama dua musim pada tahun 2017 dan 2018.

BACA JUGA: Kejutan Baru Di MotoGP 2020, Zarco Raih Pole Position Sirkuit Brno

Di dua musim tersebut, pebalap kelahiran 16 Juli 1990 ini berhasil meraih lima kali pole position dan enam kali podium. Pada dua musim bersama Monster Yamaha Tech 3, Zarco finish di posisi enam klasemen akhir pebalap.

Lepas dari Monster Yamaha Tech 3, dia mencoba peruntungan di tim Red Bull KTM Factory Racing di musim 2019. Namun dia hanya bertahan setengah musim dan hanya membalap di 13 seri bagi tim KTM.

Zarco pun pindah ke LCR Honda Idemitsu menggantikan pebalap mereka yang cedera, Takaaki Nakagami. Dia mulai membalap untuk tim satelit Honda itu pada seri 17 MotoGP 2019 di sirkuit Philip Island, Australia, 27 Oktober 2019.

Usai itu, Zarco menjadi pebalap tes bagi Honda dan Yamaha. Akhirnya dipinang Ducati pada akhir tahun 2019, meski sebelumnya sempat menolak.

Untuk persiapan balapan MotoGP 2020, Johann Zarco melewatkan dua kali tes pra musim. Dia pun hanya mencoba Ducati GP19 sebanyak enam kali sebelum akhirnya balapan MotoGP 2020 ditunda akibat pandemi virus corona di bulan Februari.

Namun dengann catatan apik dengan meraih pole position pada seri ketiga MotoGP 2020 di sirkuit Brno, Ceko, Zarco yakin jika ‘sesuatu’ datang kembali padanya.

“Perfroma di balapan kali ini lebih baik dibanding sebelumnya, tapi tetap tidak berpikir akan memenangkan kejuaraan. Setidaknya, balapan hari ini dimulai dengan lebih baik,” ujar Zarco seperti dilansir Autosport.

Dengan meraih pole position pada sesi kualifikasi Sabtu (8/8/2020) malam WIB kemarin, Zarco mengaku memiliki keuntungan dengan memulai balapan di grid terdepan. Dia pun akan berupaya semaksimal mungkin tampil di podium untuk yang pertama kali di musim 2020.

“Kita tunggau dan lihat saja nanti. Kalau bisa meraih podium kenapa tidak, tapi setidaknya bisa bertahan di posisi lima besar pun sudah bagus. Seperti yang saya bilang, tahap ini saya terus beradaptasi dan menikmati setiap tahapannya. Dan meraih pole position adalah langkah yang snagat diluar ekspetasi awal saya,” ujar Zarco.

 

(Ageng)

Artikel Lainnya

Tanpa 3 Pemain Anyar, Chelsea Pede Jamu Liverpool

INGGRIS,FOKUSJabar.id: Laga big match antara Chelsea kontra Liverpool pada...

Ini Kondisi Henhen Jelang Kick Off Liga 1 2020

BANDUNG, FOKUSJabar.id: Pemain belakang Persib Bandung, Henhen Herdiana mengatakan kondisinya mengalami peningkatan dari fisik hingga mental bertanding menjelang kick off lanjutan kompetisi Liga 1...

Soal Beras BPNT Berkutu di Lumbung Ciamis, Ini Kata Distributor

CIAMIS,FOKUSJabar.id: Kabupaten Ciamis, Jabar sempat dihebohkan dengan adanya temuan beras berkutu program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Kecamatan Lumbung.  Terkait...

Ini Dia Karomah Makam Raden Syeh H Abdul Wajah Ciamis

CIAMIS,FOKUSJabar.id: Makam Waliyullah Raden Syeh H Abdul Wajah yang berlokasi di Gunungsari, Desa Panyingkiran, Kecamatan/Kabupaten Ciamis, Jabar, setiap malam Jumat Kliwon ramai dikunjungi para...

MOG Indonesia Sosialisasikan Protokol Kesehatan Covid-19

BANJAR,FOKUSJabar.id: Pemerintahan Provinsi (Pemprov) Jabar kerahkan komunitas otomotif Mercedes Benz Owner Grup (MOG) Indonesia untuk ikut membantu mencegah dan memutus mata rantai penyebaran virus...

Jadi Cawalkot Solo, Ini Jumlah Harta Gibran

SOLO,FOKUSJabar.id: Gibran Rakabuming Raka yang merupakan putra Presiden Joko Widodo resmi maju sebagai Calon wali koto Solo. Sebagai calon kepala daerah, Gibran wajib untuk melaporkan...

Rudy Nyatakan Kabupaten Garut Darurat Covid-19

GARUT,FOKUSJabar.id: Penyebaran virus Corona (Covid-19) terus mengalami peningkatan di Kabupaten Garut dalam per hari. Tercatat, pada hari ini, di satu kampung sebanyak 21 orang...