spot_img
Kamis 25 April 2024
spot_img
More

    Ini Catatan Balap Pemilik Pole Position Brno 2020 di MotoGP

    CEKO,FOKUSJabar.id: Berhasil meraih pole position pada seri ketiga MotoGP 2020 yang bertajuk ‘Monster Energy Grand Prix České Republiky’, diakui Johann Zarco melebihi ekspetasinya. Pebalap tim Esponsorama Racing ini akan memimpin balapan di sirkuit Brno, Ceko, Minggu (9/8/2020) mulai pukul 19.00 WIB nanti dari grid terdepan.

    Menunggangi Ducati GP19, pebalap Prancis ini mencatatkan waktu kualifikasi tercepat 1 menit 55.687 detik. Lebih cepat 0.303 detik dari pemimpin sementara klasemen pebalap MotoGP 2020, Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT).

    Pole position yang diraih Johann Zarco di sirkuit Brno ini, menjadi yang pertama baginya dalam dua tahun terakhir. Padahal, Zarco selalu mengalami kesulitan untuk meraih pole position di sirkuit Brno. Terlebih di musim ini, dirinya masih beradaptasi dengan tunggangan barunya tersebut.

    Johann Zarco sendiri bergabung dengan tim Reale Avintia Ducati pada MotoGP 2020 pada 9 Desember 2019, yang menggunakan nama Esponsorama Racing pada balapan MotoGP 2020. Sebelumnya, juara dunia Moto2 tahun 2015 dan 2016, memulai karirnya di MotoGP bersama tim Monster Yamaha Tech 3 selama dua musim pada tahun 2017 dan 2018.

    BACA JUGA: Kejutan Baru Di MotoGP 2020, Zarco Raih Pole Position Sirkuit Brno

    Di dua musim tersebut, pebalap kelahiran 16 Juli 1990 ini berhasil meraih lima kali pole position dan enam kali podium. Pada dua musim bersama Monster Yamaha Tech 3, Zarco finish di posisi enam klasemen akhir pebalap.

    Lepas dari Monster Yamaha Tech 3, dia mencoba peruntungan di tim Red Bull KTM Factory Racing di musim 2019. Namun dia hanya bertahan setengah musim dan hanya membalap di 13 seri bagi tim KTM.

    Zarco pun pindah ke LCR Honda Idemitsu menggantikan pebalap mereka yang cedera, Takaaki Nakagami. Dia mulai membalap untuk tim satelit Honda itu pada seri 17 MotoGP 2019 di sirkuit Philip Island, Australia, 27 Oktober 2019.

    Usai itu, Zarco menjadi pebalap tes bagi Honda dan Yamaha. Akhirnya dipinang Ducati pada akhir tahun 2019, meski sebelumnya sempat menolak.

    Untuk persiapan balapan MotoGP 2020, Johann Zarco melewatkan dua kali tes pra musim. Dia pun hanya mencoba Ducati GP19 sebanyak enam kali sebelum akhirnya balapan MotoGP 2020 ditunda akibat pandemi virus corona di bulan Februari.

    Namun dengann catatan apik dengan meraih pole position pada seri ketiga MotoGP 2020 di sirkuit Brno, Ceko, Zarco yakin jika ‘sesuatu’ datang kembali padanya.

    “Perfroma di balapan kali ini lebih baik dibanding sebelumnya, tapi tetap tidak berpikir akan memenangkan kejuaraan. Setidaknya, balapan hari ini dimulai dengan lebih baik,” ujar Zarco seperti dilansir Autosport.

    Dengan meraih pole position pada sesi kualifikasi Sabtu (8/8/2020) malam WIB kemarin, Zarco mengaku memiliki keuntungan dengan memulai balapan di grid terdepan. Dia pun akan berupaya semaksimal mungkin tampil di podium untuk yang pertama kali di musim 2020.

    “Kita tunggau dan lihat saja nanti. Kalau bisa meraih podium kenapa tidak, tapi setidaknya bisa bertahan di posisi lima besar pun sudah bagus. Seperti yang saya bilang, tahap ini saya terus beradaptasi dan menikmati setiap tahapannya. Dan meraih pole position adalah langkah yang snagat diluar ekspetasi awal saya,” ujar Zarco.

     

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img