spot_img
Jumat 3 Mei 2024
spot_img
More

    Seri 3 MotoGP 2020, Menebak Juara Terakhir di Brno

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Marc Marquez dipastikan absen pada seri ketiga MotoGP 2020 di sirkuit Brno (Automotodrom Brno), Republik Ceko, yang dimulai Jumat (7/8/2020) ini hingga Minggu (9/8/2020). Meski tanpa MM93, balapan bertajuk ‘Monster Energy Grand Prix Ceske Republiky 2020’ ini dipastikan tetap berjalan menarik.

    Pertarungan di aspal sirkuit sepanjang 5,4 kilometer ini dipastikan berlangsung sengit. Tak hanya prestise mengejar poin atau pun podium kemenangan, tapi lebih dari itu. Penciptaan sejarah!

    Ya, akan banyak sejarah baru yang mungkin akan tercipta di sirkuit Brno. Apalagi, kemungkinan tidak digunakannya lagi sirkuit kebanggaan publik Ceko ini di MotoGP musim 2021 seiring belum ada kejelasan perpanjangan kontrak.

    Marc Marquez sendiri hanya bisa menjadi saksi dari penciptaan sejarah baru di sirkuit Brno. Pasalnya, pebalap Repsol Honda ini dipastikan akan ‘istirahat’ di bulan Agustus ini dan kemungkinan baru kembali ‘mengaspal’ di sirkuit Misano, Italia, pada 13 September mendatang seperti yang dilaporkan surat kabar yang berbasis di Barcelona, El Periodico.

    fokusjabar.id motogp 2020 sirkuit brno ceko
    Marc Marquez saat menjadi juara pada balapan MotoGP 2019 di sirkuit Brno Ceko (FOTO: motogp.com)

    Posisi Marc Marquez di balapan MotoGP 2020 di Republik Ceko pun akan digantikan stefan Bradl, pebalap tes Honda Racing Corporation (HRC). Bradl akan mendampingi adik dari Marc Marquez yakni Alex Marquez di tim Repsol Honda pada seri ketiga balapan MotoGP 2020 ini.

    Dominasi Marc Marquez seperti saat menjadi jawara sirkuit Brno di MotoGP musim 2019, mungkin, menjadi harapan yang sulit diwujudkan tim Honda pada tahun ini. Pasalnya, keinginan tersebut layaknya peribahasa ‘jauh api dari panggang’ jika menilik pada performa kedua pebalap tim Repsol Honda di salah satu sirkuit tertua di balapan MotoGP ini.

    Stefan Bradl tidak memiliki catatan begitu mentereng di sirkuit Brno. Meski hanya satu kali gagal mencapai finis dari tujuh kali balapan MotoGP di sirkuit Brno, namun pebalap Jerman ini tak pernah mencicipi podium Brno. Percapaian terbaik yang diraihnya hanya finis di peringkat 5 pada tahun 2012 saat bergabung bersama tim satelit LCR Honda MotoGP.

    “Ini tantangan dan saya siap menghadapinya. Membalap untuk tim Repsol Honda selalu menjadi kebanggaan tersendiri dan saya akan berupaya untuk membantu Honda. Kita lihat bagaimana akhir pekan nanti,” ujar Bradl dilansir laman resmi MotoGP.

    fokusjabar.id motogp 2020 sirkuit brno ceko
    stefan bradl akan menggantikan posisi Marc Marquez di tim Repsol Honda pada seri 3 MotoGP 2020 di sirkuit Brno, Ceko. (FOTO: WEB)

    BACA JUGA: Sirkuit Brno Akan Gelar MotoGP Terakhir, Ini Sejarahnya

    Pun demikian dengan Alex Marquez sebagai debutan di ajang MotoGP 2020 ini. Balapan diatas RC213V di kelas premier di sirkuit dengan karakter abrasif tingkat medium dan karakter hard brake yang cukup aduhai ini, bukanlah hal yang mudah bagi seorang rookie.

    Meski tampil cukup impresif pada dua seri perdana MotoGP 2020 di sirkuit Jerez, Spanyol dan bertengger di posisi delapan klasemen pebalap dengan 12 poin, namun kondisi Ceko berbeda dengan Spanyol. Meski demikian, mantan juara dunia Moto2 2019 ini sangat bersemangat menghadapi balapan di Brno yang disebut sebagai trek favoritnya.

    “Ini menjadi sirkuit kelima saya mengendarai motor MotoGP dan semakin cocok dengan gaya membalap saya. Kami sudah memiliki banyak informasi dan data dari dua balapan di Jerez untuk diaplikasikan di sirkuit baru. Saya sudah siap balapan di Brno dan menjadi starting di tiga balapan dalam tiga pekan ini membuat saya makin terpacu untuk tampil lebih baik,” kata Alex.

    Berita Terbaru

    spot_img