spot_img
Kamis 25 April 2024
spot_img
More

    50 Tahun Mengabdi Sebagai Marbot, Masjid Nusantara Hadiahkan Ki Atim Hewan Kurban

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Pada momentum kurban tahun ini, Yayasan Masjid Nusantara (YMN) berkesempatan untuk menghadiahkan hewan kurban untuk sejumlah marbot dan dai terpilih dari berbagai penjuru pelosok. Salah satunya Ki Atim, marbot yang telah mengabdi selama 50 tahun di Masjid Abdul Hamid, Desa Kertabumi, Cijeungjing, Ciamis.

    Penyembelihan hewan qurban diselenggarakan di pelataran rumah Ki Atim pada hari pertama Idul Adha, Jumat 31/7/2020) lalu. Di usia 85 tahun, beliau tentu sangat bahagia karena mendapatkan hadiah kurban istimewa dari Donatur Masjid Nusantara.

    “Betapa bahagianya beliau (Ki Atim) ketika mengetahui mendapat hadiah kurban dari Masjid Nusantara. Gak bisa diungkapkan dengan kata-kata mas, karena beliau juga sudah tidak begitu jelas bicaranya terbata-bata saking nahan haru-nya,” kata Relawan Masjid Nusantara, Nina Marlina, Rabu (5/8/2020).

    Baca Juga: Ratusan Perempuan Di Peru Hilang Selama Lockdown

    Sudah puluhan tahun lamanya, Ki Atim memimpikan bisa berkurban di setiap perayaan Idul Adha. Namun, keinginan tersebut selalu tertunda karena kebutuhan hidup. Pendapatannya sebagai marbot masjid hanya bisa untuk memenuhi kebutuhan harian. Beliau juga tak lagi bisa bekerja mencari nafkah tambahan karena gangguan pada matanya yang membuatnya tak mampu melihat dengan jelas.

    Kurban kambing yang dihadiahkan Masjid Nusantara untuk Ki Atim (Istimewa/masjidnusantara.org)

    Meski keterbatasan fisik dan usianya yang sudah senja, semangat pengabdian Ki Atim untuk masjid selalu menggelora. Suaranya yang lembut ketika adzan menjadi ciri khas tersendiri. Setelah sholat biasanya Ki Atim membereskan masjid dari dalam hingga luar. Meski jalannya sudah tidak tegap lagi, semangatnya dalam memakmurkan masjid selalu membuatnya bahagia.

    Melihat kenyataan tersebut, Masjid Nusantara memutuskan untuk menghadiahkan Ki Atim hewan kurban atas pengabdiannya menjaga kebersihan rumah Allah. Mimpi Ki Atim untuk bisa berkurban bisa diwujudkan oleh Masjid Nusantara melalui program ‘Patungan Kurban untuk Marbot‘.

    “Beliau memimpikan bisa berkurban sejak beliau masih muda. Jadi sudah lama sekali Ki Atim ini tak merasakan kebahagiaan kurban. Alhamdulillah, berkat donatur Masjid Nusantara, tahun ini beliau bisa berkurban,” tambah Nina.

    Sementara Direktur Masjid Nusantara, Pras Purworo mengatakan pada momentum qurban tahun ini, Masjid Nusantara sedikitnya telah memberi hadiah kurban untuk 20 marbot dari berbagai penjuru nusantara.

    Menurutnya, ada banyak sekali marbot masjid yang memiliki niat mulia menunaikan ibadah kurban, namun terkendala materi. “Karena itu, pada perayaan Idul  Adha ini, Masjid Nusantara mengajak donatur yang memiliki kelebihan rezeki untuk ikut berbagi memberikan hadiah hewan kurban untuk marbot-marbot masjid istimewa ini,” kata Pras.

    Melalui program ‘Patungan Kurban untuk Marbot’, lanjutnya, selain menjadi jalan para marbot menunaikan ibadah kurban, donatur juga berkesempatan untuk membahagiakan muslim dhuafa di pelosok karena bisa menikmati daging kurban.

    “Tentu bukan hanya Ki Atim yang bergembira, warga juga bersuka cita karena akhirnya bisa mencicipi daging kurban,” pungkasnya.

    (Vetra)

    Berita Terbaru

    spot_img