spot_img
Jumat 3 Mei 2024
spot_img
More

    Relawan Uji Klinis Vaksin Corona Wajib Tinggal di Bandung

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Unpad menggandeng warga menjadi subjek uji klinis vaksin Coronavirus Desease (Covid-19) dengan target 1.620 orang. Demikian disampaikan Peneliti Fakultas Kedokteran Unpad Prof.Dr. Kusnadi Rusmil di Rumah Sakit Pendidikan (RSP) Unpad, Jalan Eyckman, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (22/7/2020).

    Relawan uji klinis harus yang menetap atau tinggal di Kota Bandung. Hal itu untuk memudahkan proses pemantauan penelitian selama enam bulan.

    “Ini hanya untuk yang tinggal di Kota Bandung, kalau dari luar kota mau ikut, ya pindah dulu ke Bandung,” kata Kusnandi.

    Adapun syarat bagi warga yang ingin menjadi relawan uji klinis vaksin tersebut, salah satunya berusia 19-59 tahun. Usia tersebut dipilih karena masih produktif, sehingga vaksin yang disuntikan nanti akan bekerja dengan baik.

    “Kalau kita melakukan untuk anak-anak dan orang tua, itu desain penelitiannya harus beda. Karena yang kena covid-19 kebanyakan orang dewasa, orang yang sedang bekerja,” kata dia.

    BACA JUGA: Vaksin Covid-19 Diprediksi Tersedia Oktober 2020

    Tidak hanya itu, warga yang akan menjadi relawan pun nantinya akan diperiksa terlebih dahulu oleh tim FK Unpad. Sebab relawan harus dalam kondisi sehat dan belum atay tidak terpapar virus corona.

    “Vaksin ini berasal dari virus yang sudah dimatikan, makanya kita akan berikan kepada subjek yang sehat,” kata dia.

    Warga yang akan menjadi relawan pun akan mendapatkan asuransi kesehatan selama penelitian selesai. Relawan pun akan dipantau secara berkala guna memastikan efek dari suntikan vaksin tersebut.

    “Diberikan asuransi selama ikut penelitian, dan tidak dibayar karena mereka secara sukarela. Terus kita pantau ketat, tiga hari, lima hari, 14 hari, dan seterusya. Kalau dia sakit, apakah gejala dari vaksin itu atau tidak? nanti dia periksa ke dokter lain, saya yang akan tanya ke dokter itu lebih dalam,” kata dia.

    Saat ini, kata dia, sudah banyak warga yang mengajukan diri menjadi relawan, di antaranya pegawai serta para dokter dari salah satu rumah sakit di Jakarta. Tapi ditolak karena mereka tidak tinggal di Bandung.

    “Susah mengawasinya, yang mendaftar sudah banyak, tapi kita baru mulai awal Agustus,” kata Kusnandi.

    Warga Bandung atau yang tinggal di Bandung dan ingin menjadi relawan bisa datang langsung ke enam lokasi yang telah dipilih untuk menjadi tempat uji klinis vaksin Covid-19, yaitu di RSP Unpad di Jalan Prof Eyckman, Kampus Unpad di Jalan Dipatiukur, Puskesmas Garuda, Puskesmas Ciumbuleuit, Puskesmas Dago, dan Puskesmas Sukapakir.

    (Yusuf Mugni/Olin)

    Berita Terbaru

    spot_img