spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    FFI Bantu Peternak Sapi Perah dengan Renovasi Kandang

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: PT Frisian Flag Indonesia (FFI) menggalakan program renovasi kandang ternak sapi perah bagi para peternak sapi perah di Lembang dan Pangalengan, Jawa Barat.

    Program ini digelar untuk membantu para peternak yang juga mitra FFI dalam menyediakan produk-produk bergizi agar memiliki kandang ideal, nyaman dan higienis bagi sapi perah. Hal itu pun penting guna meningkatkan produktivitas susu sapi.

    Demikian disampaikan Project Manager DDP & FDOV PT Akhmad Sawaldi melalui rilisnya, Senin (20/7/2020). Dia mengatakan bahwa Program Renovasi Kandang dari FFI mengacu pada Good Dairy Farming Practice (GDFP) yang diterapkan  Friesland Campina di seluruh dunia.

    Kandang yang baik dan sesuai standar adalah syarat penting bagi kenyamanan peternak dan sapi perah. Terlebih kandanga berfungsi sebagai rumah bagi ternak dan sarana untuk aktivitas produksi lainnya.

    “Syarat kandang yang baik ditentukan oleh pemilihan lokasi, tata letak, konstruksi, bahan, sirkulasi udara dan perlengkapan kandang,” kata Akhmad.

    FOKUSJabar.id FFI
    Sapi Perah Tampak Nyaman dengan kandang yang lebih hegar dan leluasa dari FFI (Foto Dok Frisian Flag Indonesia )

    Saat ini, kata dia, sebagian besar kondisi kandang sapi perah di Indonesia belum memenuhi syarat-syarat tersebut. Selain karena faktor pengetahuan, biaya yang cukup besar pun menjadi tantangan para peternak.

    Program Renovasi Kandang dari FFI, kata Akhmad, memiliki empat tujuan, yakni memperbaiki kondisi kandang, meningkatkan kenyamanan sapi perah, meningkatkan produktivitas ternak, serta menjadikan peternak dan kandangnya sebagai contoh bagi peternak sapi perah lainnya.

    Berikut bagian kandang yang mendapat perhatian program reovasi:

    • Struktur kandang

    Bagian atap bangunan kandang tidak boleh menghalangi pencahayaan ke dalam kandang tetapi juga tidak membuat kandang menjadi panas dan harus memiliki ventilasi yang baik untuk sirkulasi udara. Dengan demikian kandang menjadi lebih sehat dan nyaman bagi sapi perah ternak.

    • Tempat pakan ternak

    Dibuat lebih rendah agar memudahkan proses makan, berbaring, berdiri ternak seperti di alam luar dan mudah untuk dibersihkan. Untuk tempat minum juga dibuat otomatis agar sapi perah ternak bisa minum kapan saja.

    • Lantai kandang

    Dibuat lebih pendek dengan kontur lantai agak miring sehingga air tidak tergenang dan mengalir dengan lancar.

    FOKUSjabar.co.id FFI
    Lantai kandang sapi lebih bersih setelah direnovasi sesuai standar (Foto Dok Frisian Flag Indonesia )

    Salah satu anggota peternak dari Koperasi KPSBU Lembang peserta Program Renovasi Kandang dari FFI Alit Ruhiyat mengatakan, program ini memberikan perubahan signifikan terhadap peternakan dan usaha susu sapi perah miliknya.

    “Beban pekerjaan berkurang dan merawat sapi perah juga lebih mudah dibandingkan sebelumnya,” kata Alit.

    Dari beberapa bagian yang direnovasi, menurut dia perbaikan atap sangat bermanfaat. Karena lebih tinggi dan menghasilkan sirkulasi udara yang lebih baik dan membuat sapo-sapi perah ternaknya lebih nyaman dan sehat.

    Anggota KPSBU Lembang Dadang Sadikin pun berpendapat serupa. Selain meringankan pekerjaan harian, dirinya pun merasakan peningkatan hasil produksi susu satu hingga dua liter per hari dengan jumlah pakan yang sama.

    “Kami berharap program ini bisa berlanjut dan bisa dinikmati lebih banyak peternak sapi perah lainnya,” kata Dadang.

    Sementara itu, Ketua Gabungan Koperasi Seluruh Indonesia (GKSI) Dedi Setiadi mengatakan, Program Renovasi Kandang memberikan manfaat nyata dalam upaya peningkatan produksi susu sapi, dengan rata-rata peningkatan antara satu sampai dua liter per ekor per hari.

    “Dengan jumlah pakan yang sama, peningkatan hasil produksi susu sapi yang dialami rekan-rekan peternak dengan perbaikan kandang ini terbilang sangat menggembirakan. Ini membuktikan bahwa kandang sapi perah yang dibangun dengan baik sesuai standar GDFP mampu meningkatkan produksi,” kata Dedi.

    Dia berharap, ke depannya program ini dapat terus berlanjut dan membantu lebih banyak peternak sapi perah agar memiliki kandang ternak yang lebih baik sesuai standar. Tidak hanya itu, para peternak sapi perah dan koperasi pun diharapkan bisa terus melanjutkan program renovasi secara mandiri dengan mencontoh kandang-kandang yang sudah diperbaiki.

    Dengan demikian sapi perah ternak memiliki lingkungan yang lebih nyaman, lebih sehat, berusia panjang dan berproduksi lebih baik.

    Program Renovasi Kandang dari FFI bisa diikuti oleh peternak sapi perah mitra FFI lainnya. Caranya peternak harus mendaftarkan kandangnya kemudian diverifikasi tim FFI untuk selanjutnya diseleksi.

    Jika seluruh persyaratan sudah terpenuhi, tim kontraktor yang ditunjuk FFI akan memulai proses administrasi dan merenovasi.

    Saat ini sudah ada tujuh peternak dari koperasi di Lembang dan Pangalengan sudah direnovasi kandangnya dan menikmati manfaat dari program ini. Ke depan FFI dan Koperasi masih membuka kesempatan bagi peternak yang ingin merenovasi kandangnya sesuai dengan syarat dan ketentuan yang diterapkan.

    FFI berharap Program Renovasi Kandang bisa membantu meningkatkan kesejahteraan para mitra peternak sapi di Indonesia serta mendukung pencapaian target produksi susu segar nasional.

    (Olin)

     

    Berita Terbaru

    spot_img