Rabu 21 Oktober 2020

Obat HIV Tidak Mempan untuk Pasien Covid-19

LONDON, FOKUSJabar.id: Ilumuan Inggris menyatakan kombinasi obat antivirus yang digunakan pasien HIV tidak memiliki khasiat pada pasien Covid-19.

“secara meyakinkan mengesampingkan manfaat yang berarti terhadap mortalitas dari lopinavir-ritonavir pada pasien Covid-19 yang dirawat, yang kami pelajari,” kata ilmuwan yang menjalankan uji coba RECOVERY di Universitas Oxford, Senin (26/6/20202).

Para ilmuwan tidak menemukan perbedaan pada kematian, durasi rawat inap di rumah sakit atau risiko pemakaian ventilator, ketika mereka membandingkan 1.596 pasien yang diberi lopinavir-ritonavir dengan 3.376 pasien dalam kelompok kontrol.

Kaletra, buatan AbbVie Inc, merupakan kombinasi obat lopinavir dan ritonavir, yang digunakan secara bersamaan untuk melawan HIV.

BACA JUGA: Beraktifitas Bisa Meningkatkan Kesehatan Mental

“Hasil awal ini menunjukkan bahwa bagi pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit dan tidak menggunakan ventilator, lopinavir-ritonavir bukanlah pengobatan yang efektif,” kata Peter Horby, kepala riset uji coba tersebut.

Para ilmuwan tak dapat menyimpulkan soal kemanjuran kombinasi obat HIV tersebut pada pasien yang menggunakan ventilator karena kesulitan dalam pemberian obat.

Lopinavir-ritonavir juga sedang diteliti dalam uji coba yang dilakukan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Uji coba RECOVERY, sedang mendalami efektivitas enam pengobatan Covid-19 potensial, yang melibatkan 11.800 pasien secara keseluruhan.

Kelompok uji coba yang mempelajari dexamethasone, streoid, menemukan obat tersebut mengurangi tingkat kematian pasien yang menggunakan oksigen.

Kelompok lain membuktikan bahwa obat malaria hydroxychloroquine, yang digembar-gemborkan Presiden AS Donald Trump, tidak memiliki khasiat.

(Agung/ANT)

Artikel Lainnya

PPDI Pangandaran Tuntut Pemerintah Agar Tempat Waktu Bayar Siltap

 PANGANDARAN,FOKUSJabar.id: Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kabupaten Pangandaran memiliki...

Kader PAN Bakal Dipecat Jika Tidak Menangkan Pasangan Yena-Atep

BANDUNG,FOKUSJabar.id: DPP PAN akan memeberikan akan memberikan sanksi berat kepada kader PAN mulai dari ranting hingga kader yang berada kursi legislatif baik di tingkat...

Hindari Diabetes Tipe 2 dengan Rajin Minum Teh Ini

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Penyakit diabetes tipe 2 merupakan kondisi penyakit yang membutuhkan perhatian khusus agar tidak menyebabkan komplikasi serius. Meski penderita diharuskan menghindari makanan dan minuman...

Bedah Teknologi Samsung Soundbar HW-Q950 dan Inovasi Audionya

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Samsung Soundbar HW-Q950 banyak mendapat opini positif dari penggunanya terkait audio dinamis dan imersif yang dihasilkan. berikut kami akan membedah teknologi di balik...

Hindari Diabetes Tipe 2 dengan Rajin Minum Teh Ini

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Penyakit diabetes tipe 2 merupakan kondisi penyakit yang membutuhkan perhatian khusus agar tidak menyebabkan komplikasi serius. Meski penderita diharuskan menghindari makanan dan minuman...

Alfamart di Kota Banjar Disatroni Perampok

BANJAR,FOKUSJabar.id: Tiga perampok bersenjata tajam gasak uang puluhan juta rupiah dari Minimarket Alfamart yang berada di jalan perintis kemerdekaan, Kota Banjar, Jabar. Minggu (18/10/2020)...

Masyarakat Terdampak Banjir Bandang Pameungpeuk Garut Dibantu Komunitas BBM

GARUT,FOKUSJabar.id: Bencana alam (longsor, banjir bandang dan pergerakan tanah) yang menerjang wilayah selatan Kabupaten Garut, Jabar mengundang empati berbagai kalangan masyarakat. Salah satunya, komunitas Facebook,...