Selasa 1 Desember 2020

Fase AKB, Ema: Tetap Disiplin Terapkan Protokol Kesehatan

BANDUNG, FOKUSJabar.id: Memasuki fase Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna meminta masyarakat tetap disiplin mematuhi aturan protokol kesehatan.

Ema meminta tingkat kewaspadaan masyarakat malah tidak menurun meski memasuki fase AKB. Masyarakat diharapkan tidak menganggap seolah-olah pandemi Covid-19 sudah usai.

“Walaupun kita sudah AKB, kita justru harus meningkatkan kewaspadaan. Jangan sampai tingkat kewaspadaannya kembali turun,” ujar Ema di Balai Kota, Jalan Wastukencana Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (30/6/2020).

Menurut Ema, tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Kota Bandung hingga saat ini masih terus melakukan tracing dan tes masif di sejumlah sektor yang dianggap rentan.

“Jangan kaget kalau besok lusa ada penambahan (kasus positif). Memang kita terus mengejar, tapi target kita fokus yang rentan,” tambahnya.

BACA JUGA: Fase AKB, Volume Kendaraan Masuk Kota Bandung Meningkat

Selain itu, penutupan sejumlah ruas jalan bisa saja kembali dilakukan dan diperluas wilayahnya. Semua dilakukan untuk meminimalisir kerumunan masyarakat. 

“Kerumunan harus tetap kita bubarkan, jadi kalau penutupan jalan bisa terjadi lagi. Justru kalau rakyatnya belum disiplin, ya kenapa tidak. Pak Polisi bisa mempertimbangkan bila perlu ini ditutup lagi,” tegasnya. 

Lebih lanjut Ema mengatakan, saat ini Kota Bandung berada di zona biru. Kondisi tersebut harus terus ditingkatkan agar semakin turun ke zona hijau. 

“Kita ini belum normal, kita tingkatkan lagi disiplinnya, bukannya kendor. Jangan sampai balik lagi ke merah,” pungkasnya.

(Yusuf Mugni/ars)

Artikel Lainnya

Nyaba Coffee and Chit-chat, Kafe Hidden Gem di Kota Bandung

BANDUNG, FOKUSJabar.id: Nyaba Coffee and Chit-chat, Kafe (café) di...

Diego Maradona Wafat, Mantan Pelatih Persib Berduka

BANDUNG,FOKUSJabar.id:  Meninggalnya legenda sepak bola asal Argentina, Diego Maradona pada Rabu (25/11/2020), membuat pecinta sepak bola dunia berduka. Tak terkecuali mantan pelatih Persib Bandung,...

RBM: Masih Ada Stigma Buruk Bagi Kaum Disabilitas di Bandung

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Ketua Rehabilitasi Bersumberdaya Masyarakat (RBM) Kota Bandung Siti Muntamah mengaku prihatin masih menemukan adanya penilaian (stigma) tidak baik terhadap penyandang disabilitas di Kota...

25 November 2020, Pak Tino Sidin Nongkrong di Google Doodle

BANDUNG, FOKUSJabar.id: Tino Sidin, Google doodle hari ini tepat dengan hari Guru Nasional 2020 secara khusus menampilkan foto doodle Tino Sidin, “Mengenang Tino Sidin”...

Dosa Berhijab Gaya Punuk Unta

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Berhijab Gaya punuk unta zaman sekarang ini tengah trend. Namun apakah anda tahu bahwa Gaya berhijab tersebut bertentangan dengan apa yang ada dalam...

Ruang Isolasi 27 RS Di Kota Bandung Penuh, Pemkot: Cari Tambahan Tempat Tidur

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mengupayakan tambahan ruang isolasi terkait penuhnya kapasitas ruang isolasi Covid-19 di 27 Rumah Sakit di Kota Bandung, Senin (30/11/2020). "Barusan,...

Pemkab Ciamis Siapkan Langkah Tangani Pandemi Covid-19

CIAMIS,FOKUSJabar.id: Kasus terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Ciamis mengalami peningkatan signifikan. Berdasarkan data Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 (Pikovid) Ciamis, kasus terkonfirmasi pada Jumat (27/11/2020) mencapai...