spot_img
Jumat 3 Mei 2024
spot_img
More

    Kota Bandung Tertinggi Kasus DBD di Jabar

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Kota Bandung menjadi salah satu daerah tertinggi kasus penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di Jawa Barat. Demikian data Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Barat.

    Sejak Januari hingga Mei 2020 terdapat 1.748 kasus DBD. Dari jumlah tersebut sembilan di antaranya meninggal dunia.

    Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kota Bandung Rosye Arosdiani mengatakan bahwa Kota kembang ini memang endemic DBD.

    “Tetapi kalau dibanding tahun lalu dalam periode sama jumlah DBD Kota Bandung menurun,” kata Rosye melalui sambungan telepon, Kamis (18/6/2020).

    BACA JUGA : Januari 2020, Sudah 90 Kasus DBD 

    Tahun lalu kasus DBD di Kota kembang sejak Januari hingga Mei mencapai 3.201 kasus dan 11 di antaranya meninggal dunia. 

    “Tapi bukan berarti tidak ada, ini kasusnya cukup tinggi,” kata dia. 

    Setiap tahun, kata dia, angka kasus DBD di Kota Bandung memang tinggi. Penyebabnya bisa saja karena letak geografis kota ini yang memiliki banyak cekungan. 

    “Di luar itu, ada tempat yang memungkinkan menjadi perindukan nyamuk, yang itu menjadi evaluasi kita semua,” kata Rosye. 

    Di tengah masa pandemi virus Corona ini, pihaknya tetap melakukan upaya pencegahan dan penanganan maksimal untuk kasus DBD, seperti melakukan gerakan satu rumah satu jumantik dan fogging.

    “Pemberantasan sarang nyamuknya itu adalah strategi utama untuk DBD. Kita memang melakukan penanganan terhadap demam berdarah, jadi kita tidak hanya mengurus Covid-19,” kata dia. 

    (Yusuf Mugni/LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img