spot_img
Tuesday 30 April 2024
spot_img
More

    PSBB Diberlakukan, PDP di Ciamis Tak Bertambah

    CIAMIS, FOKUSJabar.id: Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tingkat Jabar di Ciamis cukup berpengaruh terhadap peta sebaran kasus COVID-19. Dalam beberapa hari terakhir, tidak ada tambahan kasus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sehingga tak ada lagi PDP di Ciamis.

    “Pelaksanaan PSBB, dilihat dari grafik, berpengaruh terhadap sebaran kasus COVID-19. Alhamdulillah, sudah beberapa hari ini PDP di Ciamis nol atau nihil. Tak ada tambahan,” ujar Juru Bicara Pusat Informasi dan Koordinasi (PIK) COVID-19, Bayu Yudiawan, Selasa (12/5/2020).

    Peta sebaran kasus COVID-19 dari 37 Puskesmas di Ciamis sampai hari ini, terdapat 2 kasus positif di Kecamatan Banjarsari dan Pamarican. Lalu Orang Dalam Pemantauan (ODP) di 13 Puskesmas, serta ODP yang selesai pemantauan di 23 puskesmas.

    BACA JUGA: Satu Orang PDP Covid-19 Asal Ciamis Meninggal Dunia di RSUD Banjar

    Sedangkan untuk data informasi COVID-19, kasus konfirmasi positif sebanyak 5 orang dengan rincian 2 orang sembuh dan 3 orang menjalani isolasi mandiri. Total untuk kasus PDP sebanyak 52 orang dengan rincian 10 orang meninggal yang umumnya memiliki penyakit penyerta, sedangkan sisanya dinyatakan sembuh. Saat ini, tak ada lagi penambahan kasus PDP.

    Untuk jumlah ODP, mencapai 1.896 orang dengan rincian 1.849 orang selesai pemantauan dan 47 orang masih dalam pemantauan. Sedangkan orang pelaku perjalanan (OPP) yang sebelumnya masuk dalam kategori Migrasi Dalam Pantauan (MDP) sampai saat ini mencapai 41.006 orang dengan rincian selesai pemantauan atau telah melakukan isolasi mandiri sebanyak 35.606 orang dan yang masih harus melakukan isolasi mandiri sebanyak 5.460 orang.

    “Sebelum PSBB itu ada penambahan 2.000 pemudik ke Ciamis. Alhamdulillah tidak menyumbang PDP ke Ciamis, tapi tetap itu jadi target screening ketika mereka isolasi mandiri,” kata Bayu.

    Bayu memprediksi akan ada peningkatan pemudik menjelang lebaran. Pemkab Ciamis pun telah mengimbau masyarakat yang merantau untuk tidak mudik dulu. Ditambah moda transportasi seperti bus bisa aktif kembali. 

    “Untuk saat ini jumlah yang datang ke Ciamis tak begitu signifikan saat pelaksanaan PSBB ini. Tapi memang masih ada terdata yang datang dari luar daerah ada setiap hari yang masuk,” jelas Bayu.

    (Riza M Irfansyah/ars)

    Berita Terbaru

    spot_img