spot_img
Kamis 28 Maret 2024
spot_img
More

    Jurus Sakti Pencegah Pencurian Data Ponsel

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Saat ini pencurian data pada ponsel android sangat rentan , salah satunya pencurian data lewat malware yang terdapat dalam aplikasi jahat.

    Namun, Anda bisa mengetahui seberapa berbahaya suatu aplikasi hanya dengan memeriksa izin (permission) yang diminta ketika menginstalnya.

    Melansir CNN, Grup izin berbahaya dapat memberi aplikasi akses ke berbagai hal, seperti riwayat panggilan, pesan pribadi, lokasi, kamera, mikrofon, dan banyak lagi. Karenanya, Android akan selalu meminta Anda untuk menyetujui izin berbahaya.

    Berikut adalah beberapa contoh izin berbahaya seperti diminta oleh aplikasi buatan 2NAD dari laporan Cybernews baru-baru ini:

    1. Aplikasi menyebut sebagai perekam panggilan, namun ia meminta izin selain untuk keperluan perekaman suara saat telepon. Izin yang diminta termasuk untuk mengambil gambar dan merekam video.

    2. Aplikasi kalkulator, namun aplikasi ini juga meminta izin ke kamera dan keadaan ponsel, yang memungkinkan mereka melihat informasi jaringan seluler, akun telepon, dan status panggilan.

    3. Aplikasi akun ganda. Namun, aplikasi ini juga meminta izin untuk ingin mengakses GPS, kamera, mikrofon, sensor tubuh, kalender untuk agar dapat melihat dan mengedit kontak, untuk melihat dan mengedit file, memeriksa status ponsel dan banyak lagi.

    4. Aplikasi editor foto tapi aplikasi ini juga ingin merekam audio.

    5. Penguat memori yang menginginkan lokasi pengguna.

    6. Aplikasi pendingin telepon yang ingin melihat dan mengedit file, mendapatkan lokasi, dan membaca status ponsel Anda.

    Baca Juga: Yeay! Spanyol Kembali Izinkan Anak-anak Bermain Diluar Rumah

    Maka, sebelum mengunduh, Sebagai antisipasi pencurian data pengguna bisa mengevaluasi izin yang diminta suatu aplikasi dengan cara berikut.

    1. Pada Google Play, buka halaman aplikasi Google Play Store. Lalu gulir ke bawah ke bagian bawah halaman untuk “Izin” dan klik “Lihat detil”. Setelah itu dilakukan, Anda akan ditampilkan daftar izin yang diminta aplikasi ketika menginstalnya.

    2. Jika aplikasi sudah terinstal, buka Pengaturan perangkat dan ketuk Aplikasi. Pilih aplikasi apa saja dan ketuk Izin.

    3. Selain itu, pengguna juga bisa mengecek izin apa saja yang diminta suatu aplikasi dengan mengecek dari Pengaturan (Setting). Menu izin di menu Pengaturan ada di tempat yang berbeda tergantung pada perangkat yang Anda miliki. Menu itu akan mencantumkan semua aplikasi yang diinstal dan setiap jenis izin yang dimilikinya. Pastikan untuk memeriksa mereka dengan seksama.

     

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img